detikNews
Senin 23 September 2019, 11:57 WIB

Pilrek ITB, Kandidat yang Masuk 10 Besar Diumumkan Awal Oktober

Mochamad Solehudin - detikNews
Pilrek ITB, Kandidat yang Masuk 10 Besar Diumumkan Awal Oktober Foto: dok. Istimewa
Bandung - Sebanyak 30 peserta menjalani proses lanjutan pemilihan Rektor ITB periode 2020-2025. Selanjutnya pada 10 Oktober mendatang akan diumumkan 10 besar yang lolos seleksi.

Para calon rektor itu memaparkan sekaligus menjalani sesi tanya-jawab mengenai ITB lima tahun ke depan di hadapan 14 panel ahli dari berbagai bidang, Majelis Wali Amanat, dan beberapa anggota Senat Akademik, pada 20-21 September 2019.

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITB Yani Panigoro menyatakan paparan dan proses tanya-jawab yang dilakukan oleh para peserta berjalan baik.

"Semua nomine memberikan yang terbaik untuk ITB. Para nomine memiliki kekuatan khusus di bidang tertentu. Mudah-mudahan semua ini menjadi bagian penting untuk ITB pada periode 2020-2025," katanya dalam rilis yang diterima, Senin (23/9/2019).



Menurutnya, semua gagasan yang disampaikan semua peserta pilrek bisa dijadikan bahan untuk program rektor terpilih nantinya. Karena semua gagasan yang dipaparkan bisa membawa perubahan di tengah gencarnya persaingan ke depan.

Sebanyak 30 peserta yang menjalani seleksi akan disaring menjadi 10 besar untuk mengikuti tahapan berikutnya.

"Kita akan melakukan rapat dengan tim panel ahli untuk memutuskan 10 bakal calon Rektor ITB. Setelah dilakukan asesmen yang lain sebagai bagian dari penilaian," ucapnya.

Bila tidak ada kendala, 10 nama bakal calon Rektor ITB yang masuk tahap selanjutnya akan diumumkan pada 10 Oktober mendatang. Saat ini pihaknya masih melakukan penilaian.

"Kurang-lebih pada 10 Oktober 2019 akan kami umumkan 10 nama bakal calon Rektor ITB," katanya.

Setelah itu, lanjut dia, pihaknya akan kembali menyaring para peserta dari 10 menjadi tiga besar. Dalam tiga besar, para peserta akan kembali diminta menyampaikan gagasannya di depan Senat Akademik ITB.

"Kami akan memilih yang terbaik di antara yang terbaik. Sulit sih, tapi saya yakin semua akan menerima karena ini proses berlangsung terbuka, transparan, dan tidak menutup-tutupi apa pun," ucapnya.

Dia berharap rektor terpilih mampu berkolaborasi dalam kebinekaan yang terdapat di kampus ITB seperti moto ITB, yaitu In Harmonia Progresio.

"Rektor terpilih nanti bisa menjadi pemimpin ITB. Kampus ini mahasiswa dan dosennya dari Aceh sampai Papua, kemudian ITB juga memiliki 4 klaster pendidikan, yaitu sains dan teknologi, teknik, seni, dan bisnis manajemen, yang semuanya harus bisa dikolaborasikan," ujarnya.
(mso/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com