detikNews
Minggu 22 September 2019, 20:06 WIB

Kemarin Penyu, Kini Porpoise Mati Penuh Luka di Pangandaran

Andi Nurroni - detikNews
Kemarin Penyu, Kini Porpoise Mati Penuh Luka di Pangandaran Hewan diduga porpoise mati penuh luka di Pangandaran. (Foto: Dok. BKSDA Pangandaran)
Pangandaran - Seekor hewan laut diduga jenis porpoise ditemukan mati dengan kondisi penuh luka di Pesisir Bojongsalawe, Kabupaten Pangandaan, Jawa Barat, Minggu (22/9/2019). Sebelumnya di pesisir yang sama, seekor penyu juga terdampar dan mati penuh luka.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Pangandaran Uking Iskandar mengatakan, hewan laut tersebut ditemukan warga pemancing dalam kondisi tak bernyawa. Atas laporan tersebut, pihaknya mengutus tim untuk melakukan evakuasi.


Berdasarkan pemeriksaan, kata Uking, kepala dan sirip hewan tersebut mengalami luka. Lukanya sendiri, tampak masih segar.

"Kami menduga seperti meronta-ronta karena terjerat jaring," ujar Uking kepada detikcom.

Uking menyebut, belum bisa memastikan jenis hewan tersebut. Uking sendiri menyebut hewan tersebut sejenis lumba-lumba. Saat ditemukan hewan tersebut memiliki panjang 190 cm dan berat 100 kg.

Kemarin Penyu, Kini Porpoise Mati Penuh Luka di PangandaranFoto: Dok. BKSDA Pangandaran
Menurut Uking, dengan dibantu warga pihaknya mengubur bangkai hewan tersebut tak jauh dari lokasi penemuan.

Berdasarkan foto-foto yang diterima detikcom dan penelusuran di laman maya, kuat dugaan hewan tersebut adalah porpoise. Seperti lumba-lumba, porpoise sendiri merupakan mamalia laut di bawah ordo Cetacea.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com