detikNews
Sabtu 21 September 2019, 18:10 WIB

Tinjau Citarum, Panglima TNI Minum Air Sungai yang Sudah Disuling

Wisma Putra - detikNews
Tinjau Citarum, Panglima TNI Minum Air Sungai yang Sudah Disuling Foto: Wisma Putra
Kabupaten Bandung - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau aliran Sungai Citarum yang berada di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ia sempat meminum air Sungai Citarum yang disuling.

Marsekal Hadi didampingi oleh Kepala Staf TNI AD (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf TNI AL (KASAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji,Kepala Staf TNI AU (KASAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kedatangannya ke Bandung untuk melakukan Karya Bakti dan Bakti Kesehatan 2019 HUT TNI ke 74. Acara itu digelar langsung di sepanjang aliran Sungai Citarum tepatnya di sektor 7 Citarum Harum yang berada di Kecamatan Baleendah.

Saat melakukan Bakti sosial dan meninjau progres normalisasi Sungai Citarum, ada yang mencuri perhatian Hadi yaitu mesin penjernihan air yang di mana air Sungai Citarum bisa langsung diminum.

Mesin pejernih air itu meupakan bantuan CSR yang dapat digunakan langsung oleh warga. Sebelum meminum air hasil penyulingan, Hadi sempat berbincang dengan petugas mesin pejernih air itu.

Hadi bersama Ridwan Kamil juga sempat ditunjukkan air Sungai Citarum yang belum disuling dan sudah disuling. Air yang belum disuling terlihat hitam, sedangkan air yang sudah disuling berwarna jernih.

Usai berbincang, tanpa sungkan Hadi langsung meminum segelas habis air yang berasal dari Sungai Citarum yang dituangkan ke dalam gelas plastik.

Hadi mengatakan, air yang ia minum rasanya seperti air yang ada di rumah tangga pada umumnya, seperti yang biasa ia minum. Menurutnya air yang sudah dilakukan penyulingan dijamin kebersihannya.

"Yang saya rasakan minumnya seperti air rumah tangga, yang seperti biasa saya minum, artinya air itu dijamin sehat dan laik untuk dikonsumsi," katanya, Sabtu (21/9/2019).

Hadi mengungkapkan, mesin pejernih air itu baru ada satu yang dibangun di aliran Sungai Citarum. Ke depan, mesin pejernih air akan dibangun di titik lainnya.

"Ya tadi Pak Gubernur juga mengharapkan ada beberapa titik, kan ada yang mengasilkan beberapa liter untuk masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Hadi juga menjelaskan karya bhakti dan bhakti kesehatan ini dilakukan untuk membantu masyarakat dalam rangka HUT TNI.

"Bakti kesehatan ini tujuannya dalam rangka memperingati HUT TNI, nanti kita rayakan terpusat di Jakarta di Lanud Halim Perdana Kusumah. Ini bagian dari tahapan, TNI dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat, oleh sebab itu kita peka terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di bawah terkait dengan kesehatan dan lingkungan hidup," jelasnya.


Simak juga video "Lomba Hias Keramba Jaring Apung, Peringati HUT RI":

[Gambas:Video 20detik]


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com