detikNews
Sabtu 21 September 2019, 09:58 WIB

World Clean Up Day, Ratusan Warga Ciamis Punguti Sampah di Jalan

Erna Mardiana, Dadang Hermansyah - detikNews
World Clean Up Day, Ratusan Warga Ciamis Punguti Sampah di Jalan Foto: Dadang Hermansyah
Ciamis - Ratusan warga Ciamis dari pelajar, komunitas hingga PNS mengikuti aksi world clean up day. Mereka melakukan aksi pungut sampah dan pilah sampah menyusuri jalan perkotaan Ciamis, Sabtu (21/9/2019). Aksi tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Peserta berasal dari 54 komunitas dengan jumlah lebih dari 500 orang, 250 orang dari PNS dan pelajar. Berkumpul di Situs Jambansari Ciamis, peserta dibagi empat kelompok untuk 4 zona. Setelah mendapat penjelasan dari panitia dan dibuka oleh bupati, peserta langsung bergerak menyusuri jalan protokol di Ciamis. Mereka membawa sapu lidi, kantong sampah dan pengki.

Selain membersihkan sampah yang berserakan di jalan, beberapa lokasi strategis jadi sasaran tempat bersih-bersih, mulai dari Alun-alun Ciamis, stadion, terminal hingga Pasar Manis Ciamis.

"Dengan aksi ini kita ingin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah persampahan di Ciamis. Untuk meningkatkan kepedulian dan mewujudkan Ciamis menjadi kota bersih. Ciamis bisa menjadi kota bersih," ujar Ketua Panitia World Clean Up Day Fina Afrianti.

Selain di perkotaan Ciamis, aksi bersih-bersih juga dilaksanakan di beberapa titik Kecamatan di Kabupaten Ciamis, yakni Cisadap, Panjalu, Kawali, Panumbangan, Nasol dan Banjarsari.

"World Clean Up Day ini digelar setiap setahun sekali, kalau kami dalam hal melakukan aksi bersih-bersih terus bergerak dalam berbagai kegiatan," ucapnya.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan masalah sampah bukan merupakan hal yang enteng. Sampah bila dibiarkan, tidak ada kepedulian bisa menjadi masalah besar, seperti di kota besar yang menjadi masalah krusial.

"Maka kami mengajak, mengimbau, seluruh warga Ciamis menjaga kebersihan, ketertiban dan tak hanya gerakan hari ini saja, tapi secara terus-menerus. Paling tidak seminggu sekali. Bersih rumah, bersih lingkungan, bersih Ciamis. Kalau bersama-sama semua mudah," jelasnya.

Bupati berjanji akan menyikapi permasalahan persampahan di Ciamis. Mengapresiasi warga Ciamis yang telah berpartisipasi dalam aksi bersih-bersih dan menjadi amal ibadah.




Tonton juga video Datangi Kali Bahagia, Ibu Negara Mulai Gerakan Indonesia Bersih:

[Gambas:Video 20detik]


(/)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com