detikNews
Kamis 19 September 2019, 21:55 WIB

Kebakaran Lahan Nyaris Merembet ke Permukiman Warga di Cimahi

Yudha Maulana - detikNews
Kebakaran Lahan Nyaris Merembet ke Permukiman Warga di Cimahi Kebakaran lahan di Kota Cimahi. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Cimahi - Kebakaran lahan terjadi di bukit Pancakana, Kelurahan Cibeber, Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat, Kamis (19/9/2019) malam. Api nyaris merembet ke arah permukiman warga yang jaraknya sekitar 50 meter.

Petugas dari Dinas Kebakaran (Diskar) dan BPBD Kota Cimahi bersiaga untuk mencegah rembetan api meluas ke permukiman. Titik api berada di atas tebing setinggi 20 meter, sementara kemiringan tebing sekitar 90 derajat.

Ada satu jalan menuju ke titik api, namun sulit untuk menerjunkan unit pancar ke sana. "Area yang terbakar itu rumpun pohon bambu, unit tidak bisa naik ke atas, kami tetap siaga," ujar petugas Diskar Cimahi, Eri Rukmana di lokasi kejadian.

Kebakaran Lahan Nyaris Merembet ke Permukiman Warga di CimahiKebakaran lahan di Kota Cimahi. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Eri mengatakan, pada hari yang sama, terjadi tiga laporan kebakaran lahan, yakni di Cibogo Lamping, Cireundeu dan Bumi Parahyangan. "Kemungkinannya banyak, bisa dari faktor cuaca atau unsur kesengajaan manusia membuka lahan," ucap Eri.

Koordinator Regu 2 BPBD Kota Cimahi Deni Endra mengatakan pihaknya akan terus memantau rambatan api. "Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak Diskar," kata Endra.

Warga berkerumun melihat api dari kejauahan. Mereka waswas api meluas.

"Khawatir juga sih kalau sampai merembet ke permukiman," ujar Sheila (24), warga setempat.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com