detikNews
Rabu 18 September 2019, 20:00 WIB

Kopi 'Perkasa' Penyebab Keracunan di Sumedang Tak Punya Izin Edar

Wisma Putra - detikNews
Kopi Perkasa Penyebab Keracunan di Sumedang Tak Punya Izin Edar Kopi Cleng yang diduga menyebabkan keracunan massal di Sumedang. (Foto: dok. Istimewa)
Sumedang - Kopi 'perkasa' yang meracuni 10 pria asal Sumedang, Jawa Barat, tak memiliki izin edar. Hal itu diungkapkan Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo.

"Tidak ada izin edar," kata Hartoyo via sambungan telepon, Rabu (18/9/2019).

Hartoyo mengatakan kesimpulan kopi tersebut tak memiliki izin edar didapatkan setelah dilakukan sidak oleh BPOM Bandung. "BPOM memastikan itu tidak ada izin edar," ujarnya.


Sidak dilakukan di dua depot jamu yang ada di Kecamatan Sumedang Selatan dan Sumedang Utara. Sidak itu melibatkan BPOM Bandung, Dinas Kesehatan Sumedang, dan Satnarkoba Polres Sumedang.

Sementara itu, apa kandungan di kopi tersebut, pihaknya belum dapat memberikan informasi. Sebab, masih dilakukan uji lab oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

"Hasil kandungan belum, harus diuji lab dulu," ujarnya.


Pihaknya memastikan dua Kopi 'perkasa' merek kopi 'Cleng' dan kopi 'Jantan' tidak memiliki izin edar. "Sementara yang tidak memiliki izin edar kopi Cleng dan kopi Jantan," ujar Hartoyo.


Simak juga video "Barang Impor Ilegal Miliaran Rupiah di Surabaya Dimusnahkan":

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com