Pekerja Tewas Terbakar Saat Bakar Sampah di Lahan Perhutani Purwakarta

Pekerja Tewas Terbakar Saat Bakar Sampah di Lahan Perhutani Purwakarta

Dian Firmansyah - detikNews
Rabu, 18 Sep 2019 19:52 WIB
Pekerja tewas terbakar saat membakar sampah di lahan Perhutani Purwakarta. (Dian Hermansyah/detikcom)
Pekerja tewas terbakar saat membakar sampah di lahan Perhutani Purwakarta. (Dian Hermansyah/detikcom)
Purwakarta - Nasib nahas menimpa seorang pekerja kebun yang tewas terbakar saat terjadi kebakaran area perkebunan milik Perhutani di Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Rabu (18/9/2019) siang.

Kapolsek Bungursari AKP Agus mengatakan insiden bermula saat korban membersihkan area perkebunan dari sampah dan daun kering dengan cara dibakar. Diduga korban mengidap penyakit asma sehingga mengalami sesak.

"Korban sedang membersihkan area dari sampah dengan cara dibakar. Berdasarkan pemeriksaan awal, korban punya penyakit asma yang kambuh ketika menghirup asap pembakaran sampah ini," ujar Agus seusai evakuasi jasad korban di TKP.


Agus menuturkan penyakit asma yang kambuh membuat korban sesak dan melemah. Akibatnya, api pembakaran tak bisa dikendalikan sehingga membesar dan korban ikut terbakar.

Api, kata Agus, dengan cepat membesar karena mayoritas sampah berupa daun kering. Api pun membesar dan membakar lahan seluas hampir 1 hektare.

"Jadi, ketika api sudah besar, korban terjebak di dalamnya, korban pun terbakar hingga meninggal dunia. Kami menemukan sebuah alat untuk membersihkan sampah di sekitar tubuh korban," ucapnya.

Pekerja Tewas Terbakar Saat Bakar Sampah di Lahan Perhutani PurwakartaFoto: Dian Hermansyah/detikcom
Jasad korban baru ditemukan oleh rekan kerjanya yang juga sedang membersihkan area dari sampah tidak jauh dari lokasi. Rekan korban langsung melaporkan kejadian ini ke pihak Perhutani dan dilanjutkan ke pihak kepolisian.

Untuk kepentingan penyelidikan, jasad korban dievakuasi ke RSUD Bayu Asih, Purwakarta, untuk divisum. Kasus ini sudah dalam penanganan Satreskrim Polres Purwakarta.


Simak juga video "3 Orang Sekeluarga di Sukabumi Tewas Terbakar, Diduga Bunuh Diri":

[Gambas:Video 20detik]

(tro/tro)