detikNews
Rabu 18 September 2019, 19:32 WIB

Sejumlah Pohon di Kota Cimahi Tumbang Diterjang Hujan Angin

Yudha Maulana - detikNews
Sejumlah Pohon di Kota Cimahi Tumbang Diterjang Hujan Angin Sejumlah pohon di Kota Cimahi tumbang diterjang hujang angin. (Yudha Maulana/detikcom)
Cimahi - Pohon bertumbangan seiring dengan hujan deras disertai angin kencang di sejumlah titik di Kota Cimahi pada Rabu (18/9/2019) sore. Akibatnya, arus lalu lintas tersendat karena petugas membereskan batang pohon yang melintang di jalan.

Seperti yang terpantau di Jalan Jati, tepatnya di depan kantor Kecamatan Cimahi Utara. Sebuah pohon tumbang dan mengakibatkan antrean panjang kendaraan sejauh kurang-lebih 1 kilometer.

"Awalnya angin kencang sama hujan. Beberapa menit kemudian, pohon tumbang yang kecil, yang keduanya baru (pohon) yang gede," ujar Dedi (46), warga sekitar.


Dedi mengatakan, setelah pohon tumbang, timbul percikan api dari kabel listrik. "Setelah itu langsung mati di wilayah seberang jalan. Di tempat saya nggak, mungkin karena beda jalur listrik," katanya.

Saat pohon tumbang, Dedi memastikan, tak ada kendaraan yang melintas. Sebab, pengendara memilih menepi saat muncul angin kencang. "Tidak ada korban, alhamdulillah, tapi saya kaget sekali," ucapnya.

Sejumlah Pohon di Kota Cimahi Tumbang Diterpa Hujan AnginFoto: Yudha Maulana/detikcom
Komandan Regu I Dinas Kebakaran Kota Cimahi Indra Hadi mengatakan, selain di Jalan Jati, pohon tumbang terjadi di wilayah Pemkot Cimahi, Jalan Gatot Subroto, tepatnya depan gedung Historich dan belakang Jalan Pabrik Aci.

"Saat ini anggota disebar untuk melakukan penanganan di lapangan. Arus lalu lintas mulai bisa berjalan kembali. Sejauh ini tidak ada korban," katanya saat dihubungi detikcom.


Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi Nanang meminta warga mewaspadai pohon tua yang rapuh saat cuaca ekstrem seperti ini.

"Saat ini tim kami masih melakukan pendataan untuk memastikan titik-titik rawan pohon tumbang. Sekarang kami fokus penanganan dibantu Diskar dan aparat wilayah lainnya," katanya.


Simak juga video "Jelang Musim Hujan, Anies Harap Pembangunan Waduk di Bogor Dikebut":

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com