detikNews
Rabu 18 September 2019, 13:39 WIB

Polisi Amankan 1 Truk Bermuatan Miras Oplosan di Kota Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Polisi Amankan 1 Truk Bermuatan Miras Oplosan di Kota Bandung Polrestabes Bandung mengamankan 1 truk berisi miras oplosan. (Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Ratusan botol minuman keras (miras) oplosan gagal beredar di Kota Bandung. Polisi menyita ratusan botol miras itu saat hendak didistribusikan.

Sebanyak 865 botol miras oplosan ini ditemukan personel Satnarkoba Polrestabes Bandung saat melakukan patroli yang dipimpin Kasatnarkoba AKBP Irfan Nurmansyah. Miras oplosan disita polisi saat melakukan operasi selama sepekan.

"Kita temukan ada cukup banyak miras oplosan, jumlahnya 865 botol. Kita amankan untuk menciptakan situasi kondusif di Kota Bandung," ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Rabu (18/9/2019).


Miras oplosan tersebut berwarna bening agak kekuning-kuningan. Miras dibungkus botol bekas air mineral ukuran 1,5 liter. Aromanya sangat menyengat saat dicium.

"Miras oplosan ini biasanya kalau yang mematikan isi alkoholnya lebih banyak, takarannya juga besar," kata Irfan.

Polisi Amankan 1 Truk Bermuatan Miras Oplosan di Kota BandungFoto: Dony Indra Ramadhan/detikcom
Irfan mengatakan miras oplosan tersebut akan beredar di Kota Bandung. Distribusi berasal dari wilayah timur Bandung. "Kita amankan ini dari sebuah truk di daerah timur Bandung. Sistemnya, dia berhenti, lalu ada yang ambil," tutur Irfan.

Selain miras oplosan, polisi menyita miras jenis lain. Total ada 3.535 botol miras dan 11 jeriken tuak yang disita polisi dari sejumlah tempat penjualan di Bandung.
(dir/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com