detikNews
Rabu 18 September 2019, 11:36 WIB

Korban Keracunan Kopi 'Perkasa' Alami Disorientasi dan Tak Terkendali

Wisma Putra - detikNews
Korban Keracunan Kopi Perkasa Alami Disorientasi dan Tak Terkendali Ilustrasi (Foto: dok. Istimewa)
Sumedang - Niat hati ingin memuaskan istri di atas ranjang, sejumlah pria asal Sumedang keracunan suplemen kejantanan pria berupa kopi perkasa 'Cleng'. Para korban mengalami disorientasi.

Mengenai jumlah pasien keracunan kopi, antara rumah sakit dan polisi berbeda. Sebelumnya, juru bicara RSUD Sumedang Iman Budiman menyebut telah merawat 14 pasien dengan gejala yang sama.

Sedangkan Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo mengatakan, dari hasil penelusuran, hanya 10 orang yang diduga keracunan kopi perkasa.

"Sepuluh orang, bukan 14 orang, empat orang itu bukan keracunan karena kopi," katanya via sambungan telepon.



Sementara itu, Iman Budiman menjelaskan efek samping yang dirasakan para pasien yang diduga keracunan suplemen kejantanan pria itu adalah mengalami disorientasi.

"Disorientasi itu pasien tidak tahu tempat, tidak tahu waktu, kaya bingung gitu," kata Iman via sambungan telepon, Rabu (18/9/2019).

Selain itu, kata Iman, aktivitas para pasien menjadi tidak terkendali akibat efek samping minuman 'kuat' itu.

"Aktivitasnya menjadi tidak terkendali. Rata-rata usia 24-70 tahun, semua laki-laki," ujarnya.

"Penanganan yang dilakukan, kita menetralkan racun-racun yang terserap. Mereka dirawat dua sampai tiga hari, baru mereka pulih kembali," katanya.

Iman menjelaskan, dari informasi yang diterima dari pasien, suplemen itu didapatkan dari seseorang yang menjualnya door to door.

"Pasien beda-beda, tidak ada hubungan keluarga atau teman karena beda kecamatan dan kelurahan. Kita dapat informasi dari keluarga, suplemen itu berasal dari mana, itu diperoleh antarteman door to door, ada juga yang di toko jamu," jelasnya.

"Bukti kemasan yang didapat dari keluarga pasien dengan yang ditemukan di lapangan kita uji. Kasus ini sudah ditangani Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang," tambahnya.


Korban Keracunan Kopi 'Perkasa' Alami Disorientasi dan Tak Terkendali

(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com