detikNews
Selasa 17 September 2019, 13:18 WIB

Pemkot Bandung Luncurkan Dua Bus Ramah Penyandang Disabilitas

Mochamad Solehudin - detikNews
Pemkot Bandung Luncurkan Dua Bus Ramah Penyandang Disabilitas Foto: Mochamad Solehudin/detikcom
Bandung - Pemerintah Kota Bandung meluncurkan bus yang melayani para penyandang disabilitas. Bus tersebut diharapkan bisa memberi kenyamanan bagi para penyandang disabilitas dalam mengakses sarana transportasi publik.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Ricky Gustiadi menyatakan terdapat dua bus disabilitas yang diluncurkan hari ini, Selasa (17/9/2019).

"Bus untuk disabilitas baru dua. Mudah-mudahan ke depan bisa ditambah lagi," katanya saat ditemui di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung.

Kepala UPT Pengelolaan Angkutan Dinas Perhubungan Kota Bandung Yudhiana menambahkan, dua bus untuk penyandang disabilitas itu untuk sementara akan dioperasikan mengikuti kebutuhan. Artinya, tidak ada rute khusus yang disiapkan.

"Untuk dua bus ini, sesuai rapat dengan komunitas disabilitas dioperasikan sesuai dengan kebutuhan komunitas," ucapnya.

Dia menjelaskan, dua bus itu merupakan hasil pengadaan tahun 2018. Bus tersebut mampu mengangkut 19 penumpang. Berbagai fasilitas pendukung, salah satunya tangga hidrolik, terpasang untuk lebih memudahkan penyandang disabilitas mengakses alat transportasi tersebut.

"Ini kapasitasnya 19 penumpang. Ini bus ukuran tiga perempat yang dimodifikasi," katanya.

Yudhiana menegaskan jumlah bus untuk penyandang disabilitas tiap tahun akan ditambah. Pihaknya menargetkan ada 10 bus disabilitas di Kota Bandung. "Kita inginnya tiap koridor ada 2 atau 10 bus yang kita butuhkan," ucapnya.

Sementara itu, salah seorang perwakilan BILIC Dadan Rusmawan menyambut baik hadirnya bus disabilitas di Kota Bandung. "Ini mudah-mudahan jadi cikal-bakal bus disabilitas di Kota Bandung," katanya.
(mso/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com