detikNews
Selasa 17 September 2019, 10:15 WIB

Antre Terima Honor, Pengepul Limbah Minyak Pertamina Tertimbun Bangunan Roboh

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Antre Terima Honor, Pengepul Limbah Minyak Pertamina Tertimbun Bangunan Roboh Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom
Karawang - Tempat pelelangan ikan (TPI) di Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang, tiba-tiba ambruk pada Senin (16/9/2019) malam. Dilaporkan, delapan orang dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka serius.

"Bangunan tiba-tiba runtuh saat warga sedang antre untuk menerima upah pembersihan limbah Pertamina," kata Kaming, anggota Satgas BPBD Karawang, melalui sambungan telepon, Selasa (17/9/2019).

Kaming menuturkan peristiwa itu terjadi pukul 19.10 WIB. Para korban, kata Kaming, adalah warga setempat yang biasa membersihkan pesisir dari limbah minyak Pertamina.

"Malam tadi upah mau dibagikan. Jadi warga banyak yang berkumpul di tempat pelelangan ikan tersebut," kata dia.

Namun, bukannya pulang dengan semringah, para nelayan yang lebih sibuk mengepul limbah daripada melaut dalam beberapa bulan terakhir ini mengalami luka serius di tubuhnya.

Sutarman (54) misalnya. Warga Desa Tambaksari itu tertimpa reruntuhan bangunan. Akibatnya, kaki kiri Sutarman robek dan kepalanya amat sakit. Hal serupa dialami Anton (52), kakinya robek, berikut juga pelipis mata dan bahu kirinya.

"Enam korban dilarikan ke Klinik Nayaka Eka Medika, Desa Tambaksari, dan dua korban dirujuk ke Rumah Sakit Lira Medika, Karawang," beber Kaming.

"Selain manusia, enam unit motor warga juga tertimpa reruntuhan bangunan," Kaming menambahkan.

Hingga saat ini, belum diketahui penyebab runtuhnya bangunan tersebut. Polisi sudah memasang police line di reruntuhan TPI roboh itu.

Kapolsek Tirtajaya AKP Boy Hamonangan menuturkan sedang menyelidiki kasus tersebut. "Penyebabnya belum diketahui, masih diperiksa," kata Boy kepada wartawan.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com