detikNews
Selasa 17 September 2019, 08:00 WIB

Round-up

Balada Ohang, Tak Terima Ditilang Bakar Motor

Syahdan Alamsyah - detikNews
Balada Ohang, Tak Terima Ditilang Bakar Motor Motor milik Ohang yang dibakar (Syahdan Alamsyah/detikcom)
Cianjur - Warga yang tengah beraktivitas di kompleks pertokoan Jalan Raya Cianjur-Bandung digegerkan oleh aksi seorang pemuda berinisial MU (20) alias Ohang, yang nekat membakar motor miliknya hanya karena tak terima ditilang polisi.

Sontak warga panik berhamburan menjauhi motor jenis Yamaha Vega yang terbakar. Belakangan diketahui motor itu tak dilengkapi dengan surat-surat alias bodong. Polisi sempat mengamankan Ohang, namun kemudian pemuda yang bekerja sebagai sopir angkot itu dilepas.

"Kejadiannya Sabtu (14/9/2019) pukul 14.00 WIB. Anggota kita menghentikan pengendara motor berinisial MU yang kedapatan berboncenganan tidak menggunakan helm. Tidak lama berselang, datang orang tua pemuda tersebut dan berkomunikasi dengan petugas," kata Kompol Kuslin, Kapolsek Ciranjang, melalui sambungan telepon, Senin (16/9/2019).

Brigadir Cep Ismatullah, anggota yang menghentikan motor itu, sejak awal sudah curiga terhadap pengendara motor tersebut. Selain pengendara tidak mengenakan helm, tidak ada pelat nomor polisi terpasang di motor jenis bebek itu.

Saat perhatian polisi teralihkan karena berkomunikasi dengan orang tuanya, Ohang perlahan mendekati motornya, lalu mencopot selang karburator dari tangki bensin. Saat bensin menetes, korek api pun dinyalakan. Tak perlu waktu lama, api membesar menyelimuti seluruh badan motor.

"Jadi, ketika petugas sedang mengobrol dengan orang tuanya, pengendara itu malah membuka bagian karburator sepeda motor dan membakarnya," ujar Kuslin.

Ohang panik, polisi mengetahui motor miliknya tanpa surat-surat kepemilikan. "Awalnya dia mengaku surat-suratnya ketinggalan. Tapi, setelah diperiksa lebih jauh, ternyata motor itu bodong," ungkap Kuslin.

Ohang dilepas polisi setelah menjalani pemeriksaan atas insiden pembakaran sepeda motor miliknya sendiri. Saat dimintai keterangan, Ohang mengaku panik sekaligus bingung. Video pengakuan Ohang saat diperiksa polisi diperoleh detikcom.

"Saya panik dan bingung, Pak. Nggak tahu harus bagaimana. Sudah nggak pakai helm, terus motor nggak ada pelat nomornya," kata Ohang.

Ohang mengaku membakar motornya dengan korek api. "Saya cabut itu karburatornya, terus keluar bensinnya. Lalu saya pakai korek api," tuturnya.


Takut Ditilang Polisi, Remaja Ini Malah Nangis:

[Gambas:Video 20detik]




(sya/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com