detikNews
2019/09/11 19:13:53 WIB

60 Mahasiswa SBM ITB Bantu Pengembangan Bisnis 243 UKM di Jabar

Tri Ispranoto - detikNews
Halaman 1 dari 2
60 Mahasiswa SBM ITB Bantu Pengembangan Bisnis 243 UKM di Jabar Mahasiswa SBM ITB akan mendampingi para UKM untuk mengembangkan bisnis. (Foto: Istimewa)
Bandung - Sebanyak 60 mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) akan memulai pendampingan usaha terhadap 243 Usaha Kecil Menengah (UKM) di Jawa Barat.

Mahasiswa yang terpilih merupakan pebisnis yang telah berhasil menjalankan usahanya dan akan menjadi konsultan gratis bagi UKM yang telah mendaftar sebelumnya. Direktur Thegreaterhub SBM ITB Dina Dellyana mengatakan, selama ini pelatihan UKM banyak dilakukan tapi banyak yang tidak berkelanjutan.

"Kita membuat program yang sustainable, karena yang menjadi coach itu mahasiswa Master of Business Administration (MBA) ITB. Mereka yang menjadi coach ini telah membangun bisnis sendiri dan akan membantu UKM," ujar Dina saat berbincang dengan detikcom, Rabu (11/9/2019).


Pada hari ini, kata Dina, pihaknya baru saja meluncurkan program Coaching Clinic UKM Jabar Batch 2 di Auditorium Labtek SBM ITB, Kota Bandung. Program tersebut dikembangkan oleh program MBA SBM ITB bersama dengan Thegreaterhub, inkubator bisnis milik SBM ITB.

60 Mahasiswa SBM ITB Bantu Pengembangan 243 UKM di JabarFoto: Istimewa
Dina menjelaskan, mulai 16 September hingga 6 Desember para UKM akan didampingi 60 coach dari MBA ITB yang terdiri dari berbagai keahlian seperti pemasaran, keuangan, manajemen operasi, hingga manajemen sumber daya manusia.

Ia mencontohkan, pada bidang manajemen pemasaran UKM akan dipandu dalam hal pengembangan produk dan pengemasan hingga pemasaran digital. UKM juga akan diajarkan manajemen operasional terkait manajemen produksi, supply chain management atau quality control.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com