detikNews
Sabtu 07 September 2019, 13:40 WIB

Dongkrak PAD, Pemkot Bandung Sasar Sektor Kuliner

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Dongkrak PAD, Pemkot Bandung Sasar Sektor Kuliner Pemkot Bandung dorong sektor kuliner untuk dongkrak PAD (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung - Pemerintah Kota Bandung tengah mendorong pengembangan sektor kuliner. Berkembangnya kuliner di Bandung dinilai dapat mendongkrak pendapatan anggaran daerah (PAD).

"Kita mendorong terus munculnya kuliner-kuliner di Bandung. kuliner ini salah satu potensi menambah dan mendongkrak PAS Kota Bandung," ucap Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat menghadiri festival kuliner berbahan keju di Gasibu, Kota Bandung, Sabtu (7/9/2019).

Yana mengatakan dengan berkembangnya kuliner Bandung, dapat juga meningkatkan pendapatan warga. Produsen bahan baku hingga UKM-UKM bisa ikut terdongkrak.

"Mudah-mudahan tenaga kerjanya juga ada orang Bandung. Jadi multi efek lah. Secara potensi pasti ikut mendongkrak," kata dia.

Pemerintah Kota Bandung sendiri siap membantu pengembangan usaha-usaha kuliner. Salah satunya dengan rutin memberikan pelatihan terhadap UKM kuliner di Bandung.

"Kita support UKM lewat Dinas Koperasi. UKM kita kasih pelatihan, pendampingan dan pemasaran. Pelatihan itu bisa kadang-kadang packagingnya, branding dan pemasaran bisa online. Saya pikir itu kewajiban kami. Nah kreasinya warga, setelah berkreasi pemerintah mengarahkan," kata dia.

Yana mengatakan kuliner juga dapat mengangkat pariwisata di Kota Bandung. Maka dari itu, pihaknya tengah mempersiapkan kolaborasi antara kuliner dan pariwisata dengan menyiapkan satu tempat wisata halal. Lokasi di Jalan Gelap Nyawang dipersiapkan untuk sejumlah kuliner halal.

"Kita mendorong lewat Disbudpar supaya orang yakin tempat makanan hakak. Produksi kuliner yang halal dan bersih, kita buat itu. Kebersihan dapur juga kita jamin," tuturnya.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mendukung adanya pengembangan kuliner di Kota Bandung. Sebab, kata Uu, Bandung merupakan salah satu objek wisata kuliner di Indonesia.

"Kuliner merulajan andalan Kota Bandung dan bisa memberi manfaat bagi pemerintah provinsi dan masyarakat," kata dia.

Kuliner Ratusan Berbahan Keju

Salah satu langkah awal guna mengembangkan kuliner di Bandung dengan diadakannya festival kuliner berbahan keju. Kegiatan yang diselenggarakan di Gasibu ini diikuti sekitar 50an pengusaha kuliner di Bandung.

Mereka menghasilkan 150 jajanan berbahan keju dari mulai Thai Tea keju, cilok saus keju, risoles sayur keju dan berbagai macam lainnya. Jajanan itu mendapat penghargaan rekor Muri.

"Dengan berbagai macam campuran bahan yang memang menjadikan cita rasa keju yang sangat dinantikan. Banyak kuliner lain, dalam kategori keju ini yang pertama. Ini menginspirasi orang untuk berkreasi," kata Senior Manager Muri Awan Rahargo.


Yuk Buat Serabi Khas Bandung yang Gurih Legit:

[Gambas:Video 20detik]


(dir/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com