detikNews
Sabtu 24 Agustus 2019, 18:11 WIB

1.000 Warga Pangalengan Antusias Terima Pengobatan Gratis

Wisma Putra - detikNews
1.000 Warga Pangalengan Antusias Terima Pengobatan Gratis PT Meprofarm memberikan pengobatan gratis kepada 1.000 warga Kecamatan Pangalengan (Foto: Wisma Putra)
Bandung - Perusahaan obat PT Meprofarm memberikan pengobatan gratis kepada 1.000 warga Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. 70 dokter dan apoteker diterjunkan dalam kegiatan ini.

Pengobatan gratis itu dilakukan di Halaman Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Sabtu (24/8/2019).

GM Plant & Supply PT Meprofarm Drs Hendri mengatakan, kegiatan pengobatan gratis itu sebagai wujud apresiasi perusahaan kepada masyarakat.

"Ini adalah salah satu kegiatan CSR, tujuannya menjangkau masyarakat yang masih belum mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal. Kami berusaha menjangkaunya," katanya usai membuka acara.

Ia mengungkapkan 70 tenaga medis di antaranya dokter, apoteker dan relawan diterjunkan untuk memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Kami juga bawa ratusan obat dari berbagai penyakit, baik antibiotik, saluran pencernaan, maupun penyakit metabolisme lainnya. Kami berharap kegiatan ini bisa sejalan dengan program pemerintah yang telah mencanangkan jaminan sosial secara nasional dan kami berkomitmen terus dilaksanakan secara rutin, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat dipenuhi dengan baik," ungkap dia.

Kegiatan ini dilakukan rutin setahun sekali, namun bila terjadi bencana alam pihaknya langsung menerjunkan bantuan kepada masyarakat. Seperti di Lampung beberapa waktu lalu.

"Tahun kemarin di Garut, dua tahun lalu di Cililin, kegiatan ini digelar di wilayah terpencil yang sulit terjangkau. Hari ini targetnya memberikan bantuan untuk 1000 warga," tutur dia.

Warga Pangalengan antusias ikuti pengobatan gratis ini. Rata-rata warga yang mengikuti pengobatan gratis ini mengalami hipertensi, ada beberapa ISPA, juga ada beberapa anak kecil yang dapat suplemen kesehatan untuk menambah nutrisi mereka.

"Warga disini jauh ke fasilitas kesehatan publik. Untuk sampai ke puskesmas bisa sampai 5 km, bahkan ke Soreang sampai 30 km," tambahnya.

Salah satu warga Ujang mengaku sangat membantu dengan ada pengobatan gratis ini. "Sangat membantu, ke puskesmas memang jauh bisa sampai 5 km. Tadi saya periksa kesehatan saja, alhamdulillah bisa diperiksa kesehatannya," ujar Ujang.
(mud/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com