detikNews
Sabtu 24 Agustus 2019, 14:27 WIB

Melihat Kemeriahan Festival Gajah di Cimahi

Yudha Maulana - detikNews
Melihat Kemeriahan Festival Gajah di Cimahi Melihat kemeriahan festival gajah di Kota Cimahi (Foto: Yudha Maulana)
Cimahi - Puluhan jampana atau tandu yang berisi hasil bumi memeriahkan Festival Gajah 2 yang dihelat di Kelurahan Leuwigajah, Cimahi Selatan, Kota Cimahi pada Sabtu (24/8/2019). Sesuai temanya, kegiatan ini dibuat serba gajah.

Jampana yang diarak oleh ribuan warga Cimahi Selatan pun didesain berbentuk gajah. Mereka mulai mengarak jampana tersebut dari Kantor Kecamatan Cimahi Selatan di Baros dan finis di Lapangan Poral Leuwigajah.

Kreasi gajah yang dibuat oleh warga pun beragam. Ada yang membuat kepala gajah mamoth, gajah pelangi hingga gajah bersayap seperti dalam kisah dongeng.

Warga yang mengarak jampana tersebut pun beratributkan gajah, tentunya dengan corak yang berwarna - warni. Warga juga menampilkan aneka ragam kesenian sambil meramaikan karnaval.

Informasi yang dihimpun detikcom, kegiatan ini diikuti oleh 2500 warga yang berasal dari 20 RW di Kelurahan Leuwigajah. Tua dan muda, ikut turun ke jalan menjadi peserta karnaval.

Peserta festival berpakaian serba gajah (Foto: Yudha Maulana)

"Antusias dari warga sangat tinggi, setiap RW berpartisipasi dan mengirimkan hampir 200 warganya," ujar Walikota Cimahi, Ajay M Priatna di Lapangan Poral, Sabtu (24/8/2019).

Soal pengambilan tema gajah, ujar Ajay, wilayah Leuwigajah sangat lekat dengan sejarah pemandian gajah di Cimahi Selatan yang berdasarkan Babad Batulayang.

Konon Dalem Abdul Rohman atau Dalem Gajah memandikan gajah yang dibawanya dari Sumatera.

Sementara itu, Ketua RW 13 Momon Suparlan, salah seorang peserta mengatakan kegiatan ini juga sekaligus rangkaian acara memperingati HUT ke - 74 Republik Indonesia.

"Menang enggak menang gajahnya, yang penting ikut partisipasi dan silaturahmi dengan warga di RW lainnya," katanya.
(mud/mud)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com