detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 15:41 WIB

Penemuan Rahang Gajah Purba di Ciamis, Tuan Tanah Izinkan Ekskavasi

Dadang Hermansyah - detikNews
Penemuan Rahang Gajah Purba di Ciamis, Tuan Tanah Izinkan Ekskavasi Fosil rahang gajah purba yang ditemukan warga di Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Rahang gajah purba ditemukan di lahan milik Sarman alias Unyil (52), Desa Bangunharja, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Fosil tersebut memang ditemukan Unyil. Benda itu terkubur 1,5 meter di tanahnya yang akan dijadikan kolam ikan.

Unyil menduga di lokasi itu masih ada benda purbakala lainnya. Untuk itu, ia selaku tuan tanah, mempersilahkan atau mengizinkan pemerintah serta instansi terkait untuk menggelar ekskavasi.


Saat ini Unyil berinisiatif menghentikan penggalian di lahan yang sedianya dibangun kolam ikan. "Kalau pun nanti ada pemerintah pihak terkait ada penelitian, penggalian dan dicari lagi, silahkan saja. Sekarang juga penggalian kolam saya hentikan dulu," ucap Unyil di Pos Ronda dekat rumahnya, Dusun Margamulya, Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Ciamis, Jumat (23/8/2019).

Unyil masih menyimpan fosil rahang gajah purba ini. Belum ada rencana akan menjual atau memberikannya kepada siapapun. Namun ia mempersilahkan kepada pemerintah atau pihak terkait lainnya untuk meneliti lebih jauh.

"Sekarang disimpan, tapi kalau ada yang mau lihat ya saya bawa pakai tas. Kalau ada kerjaan, baru saya simpan," kata Unyil sambil menunjukkan tas jinjing warna hitam tempat membawa fosil tersebut.


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com