detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 14:45 WIB

Cerita Versi Mahasiswa Papua Soal Polwan di Bandung Kirim 2 Dus Miras

Mochamad Solehudin - detikNews
Cerita Versi Mahasiswa Papua Soal Polwan di Bandung Kirim 2 Dus Miras Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Polwan berpangkat Kompol di Bandung diduga memberikan dua dus minuman keras kepada mahasiswa Papua sebelum aksi damai di depan Gedung Sate, Kamis (22/8/2019). Minuman itu dikirimkan ke asrama Papua di Jalan Cilaki, Kota Bandung.

Juru bicara aksi Tamelek Kosay menuturkan, dua dus minuman keras sekitar pukul 13.00 WIB. Saat itu sebagian besar penghuni asrama telah berada di Gedung Sate untuk mengikuti aksi damai.

Sementara sebagian lagi, kata dia, terutama bagian konsumsi masih berada di asrama. Tidak lama dari itu, datang dua orang terdiri dari Polwan berpangkat Kompol dan polisi pria mengantarkan dua dus minuman, dua karung beras dan dua dus mie instan.

Kiriman itu diterima oleh salah seorang mahasiswa Papua lainnya bernama Miles. Miles kemudian melaporkan ke kawan-kawan mahasiswa Papua lainnya terkait paket kiriman itu yang diketahui terdapat dua dus minuman keras.

"Miles yang menerima barang-barang begini isinya beda tidak kaya aqua (tapi minuman keras). Setelah Miles terima, Ibu mengatakan jangan kasih tahu siapa-siapa dan minuman ini setelah aksi buat minum sebelum tidur," ucapnya saat ditemui di asrama Papua, Jalan Cilaki, Kota Bandung, Jumat (23/8/2019).

Setelah itu, lanjut dia, dua dus minuman keras itu dibawa ke lokasi aksi untuk dikembalikan. Kebetulan di lokasi tersebut ada sosok polwan yang memberi minuman itu sedang mengamankan aksi.

"Kita minta penjelasan, setidaknya sebagai aparat harusnya mengayomi kami," katanya.

Dia dan kawan-kawan mahasiswa Papua lainnya mengaku kecewa dengan tindakan oknum polisi tersebut. "Kami tersinggung sangat kecewa juga. Kami sangat kecewa dari pihak keamanan seperti itu harusnya mengayomi," ucapnya.

Pihaknya juga mengaku akan mengembalikan beras dan mie instan yang diberikan oknum polisi tersebut. "Kita juga akan kembalikan beras dan mie yang diberikan," ujarnya.



Tonton video Mahasiswa Papua Hadiri Pertemuan Elemen Masyarakat di Makassar:

[Gambas:Video 20detik]


Cerita Versi Mahasiswa Papua Soal Polwan di Bandung Kirim 2 Dus Miras

(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com