detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 18:01 WIB

Warga Temukan Fosil Rahang Gajah Purba di Cisaga Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Warga Temukan Fosil Rahang Gajah Purba di Cisaga Ciamis Rahang gajah purba yang ditemukan warga di Ciamis. (Foto: dok. Istimewa)
Ciamis - Sebuah benda keras berbentuk rahang ditemukan warga di Desa Bangunharja, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (19/8). Arkeolog menyebut benda itu rahang gajah purba.

Sekretaris Desa Bangunharja Warjo membenarkan penemuan fosil tersebut. Warga yang menemukannya adalah Sarman, penduduk setempat, saat menggali kolam ikan. Benda membatu ini memiliki berat sekitar satu kilogram dan lebar 20 sentimeter.

"Pihak Desa sudah mendapat informasi itu. Memang sepintas terlihat seperti batu biasa. Tapi, bila dilihat lebih teliti, terlihat seperti tulang atau rahang gigi hewan purba," ucap Warjo saat dihubungi detikcom, Kamis (22/8/2019).

Warjo mengatakan fosil tersebut masih disimpan oleh warga penemunya. Pihak desa telah melaporkan temuan tersebut ke Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis untuk langkah selanjutnya.

"Hari ini kami sudah berkirim surat ke Dinas Kebudayaan. Untuk penanganan selanjutnya, kami menunggu dari pihak Dinas. Apakah akan ada penelitian atau hal lainnya, kami siap memfasilitasi," tutur Warjo.

Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman Disbudpora Ciamis Tetet Widiyanti mengaku telah mendapat laporan adanya penemuan batu fosil hewan purba di Cisaga.

"Kami sudah mendapat laporan. Belum ke lokasi. Tapi sudah konsultasi dengan tim ahli fosil dari Balai Arkeolog, membenarkan bahwa itu fosil rahang bawah gajah purba," ucap Tetet.

Arkeolog Balai Arkeologi Jawa Barat Lutfi Yondri membenarkan bahwa benda itu fosil rahang gigi gajah purba. Ia melihat foto fosil yang dikirim detikcom via WhatsApp.

"Iya, gajah purba. Bentuk struktur gigi berupa lempang yang tersusun jarang. Berbeda dengan gajah yang lebih muda (Elephas maksimus)," kata Lutfi.




Tonton Video Batu Fosil, Buah Tangan Nan Cantik nan Langka dari Serang, Banten:

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com