detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 17:38 WIB

Terbakar Api Demo Mahasiswa, Briptu Yudi Jalani Operasi Plastik

Mochamad Solehudin - detikNews
Terbakar Api Demo Mahasiswa, Briptu Yudi Jalani Operasi Plastik Dokter spesialis bedah plastik RSHS Bandung Hardisiswo menyampaikan keterangan kepada wartawan. (Mochamad Solehudin/detikcom)
FOKUS BERITA: Polisi Terbakar Api Demo
Bandung - Anggota Polres Cianjur, Briptu Yudi Muslim, menjalani operasi bedah plastik di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Proses operasi tersebut berlangsung selama tiga jam.

Yudi adalah salah satu anggota Polres Cianjur yang menjadi korban kericuhan saat mengamankan aksi unjuk rasa mahasiswa di Cianjur beberapa waktu lalu. Dia terbakar saat mengamankan aksi tersebut.

Dari kejadian itu, dia menderita luka bakar mencapai 13,5 persen dan luka paling parah diderita pada bagian tangan kanan serta leher. Yudi kemudian mendapat penanganan dari RSHS Bandung.


Siang tadi, Kamis (22/8/2019), tim dokter RSHS Bandung melakukan operasi bedah plastik terhadap Yudi. Dokter spesialis bedah plastik RSHS Bandung Hardisiswo menuturkan, secara keseluruhan proses operasi berjalan lancar. Hanya, luka bakar yang diderita pasien memang cukup dalam.

"Luka di tangan kanan itu dalam sekali. Jadi semua jaringan matinya dibuang. Setelah itu ambil donor kulit dari paha kanan dan ditambalkan (ke bagian tangan yang terbakar)," ujar Hardisiswo di RSHS Bandung, Kamis (22/8/2019).

Menurutnya, donor kulit yang diambil dari paha kanan tersebut cukup untuk menutupi sekitar 80 persen luka bakar, khususnya pada bagian tangan. Sementara itu, sisa luka bakar lainnya diharapkan akan sembuh dengan sendirinya.

"Hampir 80 persen bisa ditambalkan. Mudah-mudahan semuanya bisa hidup. Tinggal sedikit yang tersisa dan harapannya bisa menyembuh dengan sendirinya," ucap Hardisiswo.


Pascaoperasi yang dilakukan, pihaknya akan terus memantau kondisi pasien. Dokter akan melihat perkembangan jaringan kulit dan kondisi lainnya dalam waktu empat hingga lima hari ke depan.

"Pemulihan empat sampai lima hari, buka (bekas operasinya) lihat hasilnya," kata Hardisiswo.

Sementara itu, lanjut dia, polisi lainnya yang menjadi korban terbakar, Briptu Fransiskus Aris Simbolon, baru akan naik meja operasi pada Jumat (23/8/2019). Kondisi pasien dalam keadaan baik.

"Yang satunya itu luka bakarnya 6 persen. Lukanya di leher sama sedikit tangan dan dada. Lukanya nggak sedalam ini," ujar Hardisiswo.




Tonton Video Sebelum Polisi Terbakar Hidup-hidup, Ada yang Lempar Plastik Cairan:

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
FOKUS BERITA: Polisi Terbakar Api Demo
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com