detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 09:32 WIB

Geger Isu Pocong, Warga Cibadak Sukabumi Ronda Malam

Syahdan Alamsyah - detikNews
Geger Isu Pocong, Warga Cibadak Sukabumi Ronda Malam Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom
Sukabumi - Sudah beberapa pekan ini warga di Kampung Dalima dan Kampung Bojongtalang, Kelurahan/Kecamatan Cibadak, Sukabumi, dihantui isu penampakan pocong. Malam tadi, warga keluar dari rumah untuk ronda dan menunggu kemunculan makhluk tersebut.

Warga khawatir isu pocong itu diembuskan pelaku kejahatan agar warga merasa takut. Hingga tengah malam tadi, penampakan sosok pocong yang santer diembuskan dari mulut ke mulut itu tak kunjung muncul.

"Sudah dua minggu terakhir ini masyarakat merasa resah dengan isu penampakan sosok pocong. Kita sendiri yang asli warga sini sama sekali tidak pernah melihat sosok astral seperti itu. Jadi saya perlu klarifikasi juga, tidak ada yang namanya makhluk gaib yang berkeliaran di kampung kita. Tidak pernah sekali pun saya lihat makhluk itu," tutur Ama Tuhadma (34), warga di Kampung Delima, kepada wartawan, Kamis (22/8/2019).

Isu dari mulut ke mulut menyebut penampakan pocong terlihat di sekitar jalan perkampungan. Makhluk itu muncul di sekitar pohon jambu. Warga menggelar musyawarah untuk menentukan langkah bagaimana agar isu pocong itu tidak terus menghantui warga setempat.

"Kita bermusyawarah apakah mau dikepung pocong tersebut. Kita penasaran apakah ini sekadar ulah iseng atau benar-benar makhluk gaib. Informasi yang beredar makhluk itu menampakkan diri di sekitar pohon jambu," lanjut Ama.

Ama pernah membuktikan sendiri ada dan tidaknya penampakan pocong. Malam-malam dia sengaja nongkrong di sekitar lokasi sambil berburu hewan luwak. Isu yang juga beredar menyebut penampakan pocong kerap diiringi suara lolongan anjing.

"Ternyata nggak ada penampakan makhluk itu. Kalau suara gonggongan anjing sekitar pukul 23.00 WIB sampai tengah malam memang ada. Karena memang di sekitar sini banyak anjing liar," lanjutnya.

Yuyu, juga warga setempat, mengaku, sejak beredar isu pocong, dia kerap dihantui ketakutan saat melintasi jalanan kampung. "Saya dengar memang isunya, dengar suara gonggongan anjing saja sudah bikin khawatir. Biasa jam 20.00-21.00 WIB, tak berani melintas sekarang, lebih baik pulang agak sore," ucap Yuyu.

Rasa takut juga dialami Nyai Suryati (62). "Ya kalau sudah tua begini mah takut, walau hanya dengar-dengar dari orang. Kalau melihat sendiri mah belum dan jangan sampai. Kalau mau lewat jalan kampung sudah agak gelap sedikit, saya nggak berani," ungkapnya.

Geger Isu Pocong, Warga Cibadak Sukabumi Ronda Malam

(sya/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com