detikNews
Rabu 21 Agustus 2019, 13:42 WIB

Pemkot Bandung Minta Kepastian Jalur LRT dari Tegalluar ke Kota

Mochamad Solehudin - detikNews
Pemkot Bandung Minta Kepastian Jalur LRT dari Tegalluar ke Kota Foto: Tri Ispranoto/detikcom
Bandung - Pemkot Bandung meminta kepastian terkait jalur atau akses penghubung kereta cepat dari Tegalluar, Kabupaten Bandung, ke Kota Bandung. Pasalnya, sampai saat ini belum ada kejelasan.

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan sampai saat ini PT Kereta Api Cepat Indonesia Cina (KCIC) belum menjelaskan secara detail titik atau rute mana yang akan menjadi jalur penghubung antara Tegalluar Kabupaten Bandung ke Kota Bandung.

"Saat nanti (kereta cepat Jakarta-Bandung) sampai ke Tegalluar itu akses ke Bandung harus mendapat kepastian jalur mana, titik yang mana," ujarnya di Bandung, Rabu (21/8/2019).



Berdasarkan rencana, lanjut Ema, pemerintah akan membangun Lintas Rel Terpadu (LRT) untuk menghubungkan antara Tegalluar sebagai Transit Oriented Development (TOD) kereta cepat dan Kota Bandung. Akan tetapi, jalur atau rute LRT tersebut belum ditetapkan secara pasti.

"Saya dengar akan ada LRT, itu akses ke Bandungnya ke mana. Jujur saya belum tahu," katanya.

Padahal kepastian rute itu sangat penting. Karena bagaimanapun, Pemerintah Kota Bandung perlu menyiapkan berbagai hal demi mendukung terealisasinya proyek tersebut.

"Kita harus tahu (rutenya), kalau sudah tahu kan kita akan membantu yang menjadi tugas kita. Mensosialisasikan ke masyarakat, menyiapkan apa yang menjadi tugas pemerintah kota dan menyiapkan apa saja," ujarnya.



Ema menambahkan akan segera berkomunikasi kembali dengan PT KCIC untuk membahas masalah ini, sehingga pihaknya bisa mengetahui rencana pembangunan yang akan dilakukan ke depannya.

"Saya minggu depan saya akan meminta KCIC untuk bertemu," ujarnya.
(mso/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com