detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 20:37 WIB

Solidaritas untuk Papua, Pejabat-Warga Sukabumi Kompak Menari Sajojo

Syahdan Alamsyah - detikNews
Solidaritas untuk Papua, Pejabat-Warga Sukabumi Kompak Menari Sajojo Pejabat dan warga yang hadir bersama-sama menari Sajojo. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Pemkot dan Polres Sukabumi Kota menggelar aksi solidaritas untuk masyarakat Papua. Pejabat dan warga yang hadir bersama-sama menari Sajojo di sela-sela acara Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Jawa Barat di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo kompak menggerakan badan mengikuti irama musik tarian Sajojo. "Sore ini kami bersama seluruh lapisan masyarakat termasuk ada Pak wali kota tadi, memberikan dukungan untuk teman-teman kita yang ada di Papua. Ya agar permasalahan yang ada cepat selesai," kata Susatyo kepada detikcom, Selasa (20/8/2019).

"Mereka adalah saudara-saudara kami, walaupun kami ada di Kota Sukabumi namun aura Papua ada di tempat ini, kita junjung tinggi persatuan Indonesia dengan keberagamannya," kata Susatyo menambahkan.

Pihaknya, menurut dia, tak tinggal diam terkait isu-isu negatif menyinggung SARA dan konten-konten penghinaan yang beredar di media sosial. Polisi di Sukabumi berpatroli cyber di lini masa.

"Kita lakukan profiling berbagai akun-akun yang menyebarkan konten-konten memecah belah, bermuatan SARA dan lain sebagainya yang memperkeruh suasana apabila memang ada tentu kita akan lakukan penegakan hukum," ucap Susatyo.

Solidaritas untuk Papua, Pejabat-Warga Sukabumi Kompak Menari Sajojo Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Tarian Sajojo berlangsung dua putaran. Seluruh warga, pegawai pemkot dan polisi terlihat bersemangat menari mengikuti irama lagu Sajojo.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengungkapkan kegiatan tersebut dilakukan spontanitas selagi kegiatan TTG. "Spontanitas saja sebagai ungkapan simpati dan empati kepada saudara kita di Papua atas kejadian kemarin. Pesan semangat yang ingin kita sampaikan, mari kita jaga persatuan, mari kita jaga kedamaian dan kita jaga NKRI sebagai bagian dari peradaban dan kehidupan kita," tutur Fahmi.
(sya/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com