detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 12:52 WIB

Jebol Atap, Abdul Curi Ribuan Bungkus Rokok di Minimarket Ciwidey

Wisma Putra - detikNews
Jebol Atap, Abdul Curi Ribuan Bungkus Rokok di Minimarket Ciwidey Pencuri bobol minimarket di Ciwidey curi ribuan bungkus rokok. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung - Abdul Rozaz (29) tak bisa berkutik saat diringkus anggota Unit Reskrim Polsek Ciwidey di tempat persembunyiannya. Warga Sumedang itu merupakan pelaku pencurian minimarket yang berada di Jalan Raya Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada 15 Agustus 2019 lalu.

Dalam aksinya, Abdul berhasil membongkar minimarket yang berada di Kampung Simpang, RT 03 RW 16, Desa Panundaan, Kecamatan Ciwidey dengan cara masuk ke dalam gudang melalui atap.


Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan mengatakan pelaku memanjat melalui belakang bangunan SDN Simpang Panundaan dan merusak atap bangunan yang berbahan seng baja ringan menggunakan gunting raja. Aksi yang dilakukan pelakunya tergolong nekat karena dilakukan seorang diri.

"Setelah merusak seng, pelaku menjebol internit (atap bangunan) dan berhasil masuk ke dalam toko dengan membongkar GRC dinding toko. Setibanya di dalam minimarket, pelaku mengambil kurang lebih 1.147 bungkus rokok berbagai merek," kata Indra di Mapolres Bandung, Selasa (20/8/2019).

Setelah rokok yang ada di minimarket itu dikemas menggunakan dus besar, Abdul lantas menaikkan barang curiannya ke atas motor. Namun aksi jahatnya itu diperegoki warga yang sedang melakukan siskamling.

"Akhirnya pelaku melarikan diri menggunakan kendaraan umum ke arah Wado, Sumedang. Sedangkan rokok yang dimasukkan ke dalam tiga dus ditinggal di lokasi beserta sepeda motor dan kunci kontak milik pelaku. Jajaran Polsek Ciwidey akhirnya mengidentifikasi kepemilikan motor tersebut dan diketahui pemiliknya warga Kabupaten Sumedang," ucapnya.


Pengejaran pelaku dipimpin langsung Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufik ke wilayah Sumedang. Kurang dari 24 jam pelaku diamankan.

Selain di Ciwidey, menurut Indra, pelaku sudah melakukan aksi serupa di 12 TKP yang ada di Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Cianjur dan Sukabumi. Delapan TKP di antaranya di Kota Cimahi.

"Meski sudah sering melakukan pencurian, pelaku AR ini sebelumnya belum pernah berurusan dengan hukum atau bukan residivis. Jadi ini pertama dia tertangkap Polisi," katanya.

Jebol Atap, Abdul Curi Ribuan Bungkus Rokok di Minimarket CiwideyFoto: Wisma Putra
Indra menuturkan, setelah kabur dari TKP di Kecamatan Ciwidey menuju Kabupaten Sumedang, pelaku sempat membuat laporan palsu terkait kehilangan sepeda motor ke Polsek Pamulihan wilayah hukum Polres Sumedang. Abdul mengaku menjadi korban pembegalan, hal tersebut dilakukannya sebagai alasan kepada orang tuanya.

"Jadi laporan palsu itu sengaja dibuat pelaku, agar seolah-olah dia menjadi korban pencurian atau pembegalan sepeda motor. Dengan harapan, motor pelaku yang ditinggal di TKP itu mendapatkan klaim asuransi," ujarnya.

Abdul dijerat Pasal 363 ayat 1 huruf 3e dan 5e KUHPidana mengenai pencurian dengan ancaman hukuman penjara maksimal tujuh tahun.




Tonton juga video Terekam Kamera CCTV, Aksi Pencurian Motor yang Digagalkan Warga:

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com