detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 16:20 WIB

Kapolda Beri Jaminan Perlindungan Warga Papua di Jawa Barat

Fadil Muhammad, Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kapolda Beri Jaminan Perlindungan Warga Papua di Jawa Barat Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Bandung - Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi memastikan situasi mahasiswa di Papua yang berada di Bandung kondusif. Pihaknya siap memberi perlindungan bagi mahasiswa Papua yang berada di Jabar.

"Rekan-rekan bisa lihat ya waktu tanggal 17 (Agustus 2019) kemarin, dari Kodam sama kita dan Gubernur menari bersama warga masyarakat Papua yang ada di Jabar. Kita guyub, itu saudara kita semua," ucap Rudy saat ditemui di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Senin (19/8/2019).


Rudy menyatakan situasi di Jabar sendiri kondusif. Masyarakat Papua dan Jabar saling menghargai dan guyub.

"Itu adalah saudara kita mari kita akur, Insyaallah kondusif semua," kata Rudy.


Polisi juga siap memberikan perlindungan. Dia mengimbau agar masyarakat di Jabar saling menjaga.

"Kita semua guyub. Siapapun kita lindungi lah di sini. Jawa Barat ini tempatnya sekolah, sama kita lindungi semuanya," ucap Rudy.

Kapolda Beri Jaminan Perlindungan Warga Papua di Jawa BaratMuspida Jabar menari sajojo bersama warga Papua saat HUT ke-74 RI di Lapangan Gasibu, Kota Bandung. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Sementara itu soal apakah akan mengerahkan pasukan ke Manokwari, Rudy mengatakan hal tersebut tidak akan. Namun jika dibutuhkan pihaknya siap membantu.
"Pasukan (Polda Jabar) ke Manokwari enggak ada, kalau ada permintaan kita siap, untuk pasukan, di Manokwari cukup," tuturnya.

(dir/tro)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com