detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 12:13 WIB

Target Desember Selesai, Revitalisasi Alun-alun Cirebon Dimulai

Sudirman Wamad - detikNews
Target Desember Selesai, Revitalisasi Alun-alun Cirebon Dimulai Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cirebon mulai menggarap pengerjaan revitalisasi Alun-alun Kejaksaan. Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPUPR Irawan Wahyono menyebutkan proyek pengerjaan revitalisasi itu bersumber dari dana hibah Pemprov Jabar Rp 30 miliar.

Irawan mengatakan kontrak pengerjaan proyek Alun-alun Kejaksan dimulai sejak awal Agustus hingga Desember nanti. "Sejauh ini proyek pengerjaan alun-alun berjalan sesuai rencana. Mudah-mudahan sampai 27 Desember, sesuai rencana," kata Irawan kepada awak media di kantor DPRD Kota Cirebon, Kota Cirebon, Jabar, Senin (19/8/2019).

Irawan mengatakan saat ini pengerjaan proyek tersebut masih berfokus pada pengerjaan basement. Sejumlah alat berat sudah beroperasi untuk menggali lahan.

Dalam rencana pembangunanya itu, tugu proklamasi yang berada di sekitar alun-alun bakal menjadi bagian alun-alun. Pemerintah hanya menambah ruang alun-alun hingga mencapai tugu tersebut. Namun posisi tugu tidak berubah.

"Soal monumen atau tugu itu tetap seperti itu. Tapi nanti jadi bagian alun-alun. Kita pengerjaan fokus galian basemen dulu," katanya.

Sekadar diketahui, proyek revitalisasi Alun-alun Kejaksan itu sudah direncana Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada 2018 lalu. Pria yang akrab disapa RK itu merancang sendiri desain alun-alun. Rencananya alun-alun itu dimanfaatkan sebagai wisata kuliner dan belanja. Saat ini sekeliling proyek dipasangi seng.



(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com