detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 13:06 WIB

Upacara HUT Ke-74 RI, Ridwan Kamil Pamer Kemajuan Jabar

Mochamad Solehudin - detikNews
Upacara HUT Ke-74 RI, Ridwan Kamil Pamer Kemajuan Jabar Upacara HUT Ke-74 RI di Lapangan Gasibu Bandung. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Upacara peringatan HUT Ke-74 Republik Indonesia, di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, berlangsung khidmat. Sejumlah masyarakat ikut hadir menyaksikan upacara peringatan kemerdekaan tingkat Jawa Barat tersebut.

Sejak pukul 09.30 WIB, Sabtu (17/8/2019), ribuan peserta upacara terdiri dari anggota TNI, kepolisian, pegawai negeri sipil, pelajar dan unsur lainnya telah berbaris rapih di lokasi upacara. Komandan upacara Letkol Inf Ageng Wahyu Romadhon juga tampak telah bersiap memimpin jalannya upacara.


Tidak berselang lama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selaku inspektur upacara tiba di lokasi. Para tamu undangan mulai dari Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono dan sejumlah tamu undangan lainnya juga hadir untuk mengikuti upacara tersebut.

Dalam sambutannya, ia mengatakan peringatan hari kemerdekaan mempunyai makna penting bagi Indonesia. Terutama mengingat kembali proses perjuangan panjang dalam meraih kemerdekaan.

"Kemerdekaan yang dicapai karena berpadunya heroisme, patriotisme serta semangat persatuan dan kesatuan di bawah prinsip Bineka Tunggal Ika, mengesampingkan perbedaan suku, etnis dan agama demi terwujudnya kemerdekaan Indonesia," kata Emil, sapaan Ridwan, di Lapangan Gasibu.


Dia juga mengajak semua pihak untuk terus menjunjung tinggi nilai-nilai dasar yang dimiliki Indonesia. Mulai dari persatuan, kebinekaan dan Pancasila agar terus dijaga.

"Karena itu, kewajiban bagi kita sebagai generasi penerus bangsa untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan, menjaga nilai-nilai Pancasila sebagai modal terbentuknya Indonesia untuk utuh selamanya," ucap Emil.

Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan, pada HUT Ke-74 RI ini, Jawa Barat telah memiliki banyak kemajuan dan prestasi. Bahkan menjadi salah satu provinsi terbaik di Indonesia.

"Indeks pembangunan manusia Jabar terus meningkat dari 70,69 poin pada 2017 menjadi 71,03 poin pada 2018," katanya.


Laju pertumbuhan ekonomi Jabar juga terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang ada pertumbuhan ekonomi Jabar pada 2017 tercatat 5,35 persen dan meningkat pada 2018 menjadi 5,64 persen.

"Indeks daya saing provinsi menduduki rangking Ke-3 dibanding provinsi lain di Indonesia," ujar Emil.

Prestasi lainnya juga terus lahir dari provinsi yang dihuni oleh kurang lebih 45 juta penduduk ini. Bahkan pada Mei lalu, Jabar kembali meraih WTP untuk ke-8 kalinya secara berturut-turut.

"Kita juga bersyukur capaian pembangunan desa mengalami peningkatan. Sekarang terdapat 98 desa mandiri dari tahun sebelumnya hanya berjumlah 37 desa mandiri. Desa maju bertambah lebih dari 500 desa menjadi 1.232, 3.656 desa berkembang, 326 desa tertinggal dan sudah tidak ada lagi desa sangat tertinggal di Jabar," tutur Emil.

Emil menyebut selama 11 bulan memimpin Jabar telah banyak penghargaan yang diraih. "Semua kerja bersama semua elemen di Jabar membuahkan hasil yang menggembirakan. Hal ini terwujud dengan berbagai penghargaan yang mencapai 46 buah selama 11 bulan pemerintahan kami," ujarnya.


Dia menambahkan, berbagai program pembangunan kini sedang diupayakan untuk direalisasikan. Dalam percepatan ekonomi misalnya Pemprov Jabar tengah mengupayakan pembangunan jalan-jalan tol baru.

"Bandara Kertajati dan Patimban, aktivasi jalur kereta api, pembangunan kereta cepat, MRT Bandung Raya, membangun zona industri baru dengan konsep segitiga rebana serta mendorong terbentuknya kawasan ekonomi khusus untuk beberapa daerah," ucap Emil.

Selain itu, pembangunan dimensi batin juga tengah digalakkan oleh Pemprov Jabar melalui banyak program yang disiapkan. Seperti magrib mengaji, subuh berjamaah, satu desa satu hafiz.

"English for ulama, juga kerjasama luar negeri untuk meningkatkan kapasitas ASN Jawa Barat," kata Emil.


Simak Juga "Sekda Jadi Tersangka Kasus Meikarta, Ridwan Kamil Angkat Bicara"

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com