2 Karyawan Pabrik Sepatu Adidas Curi Bahan Lalu Rakit Sendiri dan Jual Online

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 13 Agu 2019 16:23 WIB
Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom
Sukabumi - Dua pegawai pabrik sepatu ditangkap polisi karena kedapatan mencuri bahan sepatu merek terkenal di tempatnya bekerja. Bahan sepatu itu kemudian dibuat pelaku menjadi sepatu di rumahnya dan dijual secara online dengan harga jauh lebih murah dari harga sepatu asli.

"Pelaku berinisial MM dan MS, keduanya berstatus karyawan tetap PT GSI II Sukalarang, yang memproduksi sepatu merek Adidas. MM bekerja sebagai pengawas gudang, sementara MS karyawan biasa," kata Kapolsek Sukalarang AKP Ma'ruf Murdianto kepada awak media, Selasa (13/8/2019).

Dengan jabatan yang dipegangnya, MM luput dari pengawasan satpam pabrik. Satu per satu bahan sepatu itu lolos dibawa pelaku ke rumahnya di Warungkondang, Cianjur.

"Motifnya, dia ambil bahan, mulai outsole, tali sepatu, upper sepatu, sampai lem khusus dia curi dari tempatnya bekerja. Setelah semuanya terkumpul, dia rakit menjadi sepatu utuh. Setelah itu dia jual melalui online," lanjut Ma'ruf.


2 Karyawan Pabrik Sepatu Adidas Curi Bahan Lalu Rakit Sendiri dan Jual OnlineFoto: Syahdan Alamsyah

Pelaku menjual sepatu tersebut dengan harga murah, jauh di bawah pasaran. Pelanggan berasal dari wilayah Jabodetabek. Pelaku akhirnya ditangkap polisi pada Jumat (2/8/2019).

"Pihak perusahaan awalnya curiga, ada sepatu yang belum dikeluarkan sudah beredar. Terlebih sepatu-sepatu itu memang belum dipasarkan untuk diekspor, kedua pelaku ditangkap setelah pabrik memperketat pemeriksaan terhadap pekerjanya," ujar Ma'ruf.

Akibat perbuatannya, kedua pelaku dijerat dengan Pasal 374 KHUPidana tentang penggelapan dalam jabatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.




Tonton Video Polisi Tangkap Bajing Loncat Curi Gandum dan Jagung di Cilegon:

[Gambas:Video 20detik]

(sya/ern)