detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 15:56 WIB

7 Desa Tercemar Tumpahan Minyak, Bupati Karawang: Layak Siaga Bencana

Luthfiana Awaluddin - detikNews
7 Desa Tercemar Tumpahan Minyak, Bupati Karawang: Layak Siaga Bencana Tumpahan minyak Pertamina masih mengotori pesisir pantai di 7 desa Kabupaten Karawang. (Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom)
Karawang - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menilai insiden minyak tumpah di perairan Kabupaten Karawang termasuk kategori bencana. Bupati mempertimbangkan untuk menetapkan status siaga bencana di sejumlah pesisir yang terdampak.

"Belum menetapkan status siaga. Tapi memang layak masuk kategori siaga bencana. Apalagi ada 7 desa di Karawang yang terdampak," kata Cellica usai meninjau Pantai Pisangan yang terdampak tumpahan minyak Pertamina, Rabu (24/7/2019).


Tujuh desa tersebut terletak di lima kecamatan. Kabid Kedaruratan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang Ruchimat mengatakan, wilayah terdampak bocoran limbah dari pengeboran Pertamina yaitu Desa Pakis Kecamatan Pakisjaya, Desa Sedari Kecamatan Cibuaya, Desa Cemarajaya Kecamatan Cibuaya, Desa Tampaksari Kecamatan Tirtajaya, Desa Tambaksumur Kecamatan Tirtajaya, Desa Sungaibuntu Kecamatan Pedes dan Desa Pusakajaya Utara.

7 Desa Terdampak Tumpahan Minyak, Bupati Karawang: Layak Siaga BencanaFoto: Luthfiana Awaluddin
Saat ini, Pertamina dan masyarakat sedang berjibaku membersihkan pantai dari minyak mentah. Pantauan detikcom, tumpukan karung bersi minyak yang dicampur pasir berserakan di pantai dan kantor desa.

Meski begitu, minyak masih kerap datang saat malam hari. Minyak itu terbawa ombak dan kembali mengotori pantai saat pagi hari. "Hal itu berdasarkan hasil monitoring wilayah terdampak bocoran limbah pengeboran minyak Pertamina yang dilakukan tim kami," kata Ruchimat.


Minyak Mentah Tumpah di Pantai Cilamaya, Nelayan Merugi:

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed