detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 15:25 WIB

4 Warga Ciamis Gagal Berangkat Haji 2019 karena Sakit

Dadang Hermansyah - detikNews
4 Warga Ciamis Gagal Berangkat Haji 2019 karena Sakit 4 warga Ciamis gagal berangkat haji pada tahun ini karena sakit. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
FOKUS BERITA: Kabar Haji 2019
Ciamis - Tiga kloter haji asal Kabupaten Ciamis telah diberangkatkan ke embarkasi Bekasi. Dari total 1.116 calon haji, 4 orang gagal berangkat tahun 2019 ini karena sakit.

Berdasarkan dara dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ciamis, 4 orang yang gagal berangkat ini 2 orang warga Kecamatan Ciamis dan Banjarsari dari kloter 08 JKS. 2 orang lagi asal Panumbangan dari kloter 53 JKS. Mereka bisa berangkat tahun depan bila sudah sehat.


Kloter 61 atau yang terakhir dari Kabupaten Ciamis sebanyak 404 calon haji ditambah 6 petugas diberangkatkan oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra di Gedung Islamic Center Ciamis, Rabu (24/7/2019).

Sejak Rabu pagi, ribuan pengantar calon haji dari berbagai pelosok Ciamis sudah berkumpul di halaman parkir. Pintu masuk depan dan belakang mendapat penjagaan petugas kepolisian, supaya anggota keluarga yang mengantar tak ikut masuk ke ruangan tempat berkumpul calon haji.

4 Warga Ciamis Gagal Berangkat Haji 2019 karena SakitFoto: Dadang Hermansyah
Keberangkatan ratusan calon haji ini diwarnai tangis haru. Terdengar suara menyerukan nama orang tua maupun kerabatnya yang akan berangkat ibadah haji.

Beberapa calon haji di antaranya nekat menghampiri pengantar hanya sekadar bersalaman dan memeluk, sambil menangis sebagai tanda mereka akan berpisah sementara selama menjalankan ibadah haji di tanah suci.

4 Warga Ciamis Gagal Berangkat Haji 2019 karena SakitFoto: Dadang Hermansyah
Kepala Kantor Kemenag Ciamis Agus Abdul Kholik menjelaskan seluruh calon haji telah diberangkatkan. Secara keseluruhan ada 4 orang yang tidak gagal berangkat haji pada tahun ini.

"Seluruh kloter telah diberangkatkan, hari ini adalah yang terakhir. Hanya ada 4 orang yang tidak bisa berangkat tahun ini karena sakit. Mereka masih bisa berangkat tahun depan," ucap Agus.

Menurut Agus, nantinya para calon haji akan kembali menjalani pemeriksaan kesehatan di embarkasi. "Yang menentukan layak atau tidak calon haji berangkat itu dari provinsi di embarkasi," ujarnya.
(tro/tro)
FOKUS BERITA: Kabar Haji 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com