detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 23:28 WIB

Kampanye Donor Darah, Pria Paruh Baya Gowes Sepeda Bandung-Jakarta

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kampanye Donor Darah, Pria Paruh Baya Gowes Sepeda Bandung-Jakarta Agus gowes Bandung-Jakarta untuk kampanye donor darah. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Berangkat dari keinginan untuk menggugah kesadaran setiap orang agar sukarela mendonorkan darahnya, Agus Hadikarta (59) rela bersepeda sejauh 150 kilometer dari Bandung dengan tujuan akhir Jakarta.

Usia bukan halangan bagi pria bercucu tiga itu. Sejumlah atribut hingga spanduk kecil untuk mendonorkan darah terpasang di sepeda ontel miliknya. Dia menggowes sepedanya dari rumah di Komplek Margahayu Raya, Jalan Neptunus Selatan K-2 No. 103c, Kota Bandung pagi tadi. Sekitar pukul 16.30 WIB, Agus beristirahat di PMI Kabupaten Sukabumi.

"Kesadaran untuk donor darah masyarakat itu sangat minim. Mudah-mudahan dengan apa yang saya lakukan di usia senja ini membuktikan bahwa donor darah itu sehat," ucap Agus di PMI Kabupaten Sukabumi, Selasa (23/7/2019).


Agus merupakan keluarga donor darah sukarela 100x di Bandung. Di setiap kabupaten dan kota yang dilewati dia akan singgah di PMI untuk beristirahat dan menceritakan pengalamannya menjadi pendonor.

"Saya mau membuktikan bahwa saya sehat karena donor darah dan mampu mengayuh sepeda ontel ini dengan jarak 150 kilometer lebih dari Bandung menuju Jakarta. Sebenarnya, saya bukan orang yang setiap hari menggunakan sepeda, namun hal ini kampanye inisiatif agar masyarakat mau berdonor darah," ucapnya.


Tidak hanya di Kantor PMI, Agus juga kerap beristirahat di warung dan tempat-tempat keramaian. Di lokasi itu dia menyuarakan soal donor darah.

"Saya mencontohkan, tuh saya juga sehat meskipun sering mendonorkan darah. Kuat menggowes dari Bandung sampai kantor PMI pusat di Gatot Subroto, Jakarta. Rata-rata orang kaget dan enggak percaya, saya lihatin aja KTP biar mereka yakin," katanya.

Kampanye Donor Darah, Pria Paruh Baya Gowes Sepeda Bandung-JakartaFoto: Syahdan Alamsyah
Ketua PMI Kabupaten Sukabumi Hondo Suwito salut dengan apa yang dilakukan Agus. Menurutnya perjalanan menuju Jakarta bukanlah medan yang main-main dan membutuhkan fisik yang prima.

"Apa yang dilakukan oleh Agus ini sangat luar biasa, saya salut dan saya sangat mendukung apa yang dilakukannya. Semoga apa yang dilakukan oleh Agus dapat mendongkrak kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah," ucap Hondo.

Agus beristirahat selama 2 jam di PMI Kabupaten Sukabumi dan kembali melanjutkan perjalanannya menuju PMI Kota Bogor dan berencana menginap di sana. Estimasi perjalanan yang dilakukan oleh Agus mencapai 3 hari 2 malam.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com