detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 16:36 WIB

Besok Aria Bocah Obesitas Karawang Jalani Bedah Plastik di RSHS

Mochamad Solehudin, Shafira Triana Putri - detikNews
Besok Aria Bocah Obesitas Karawang Jalani Bedah Plastik di RSHS Tim dokter RSHS Bandung bakal melakukan operasi bedah plastik pada Aria. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Aria Permana (13) remaja yang sempat menderita obesitas ekstrem asal Kabupaten Karawang akan kembali naik meja operasi. Dia akan menjalani operasi bedah plastik guna menghilangkan kulit bergelambir di tubuhnya.

Tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung yang sejak awal menangani Aria sedang melakukan persiapan operasi tersebut. Rencananya Aria akan naik ke meja operasi pada Rabu (24/7/2019) besok.


Ketua Tim dokter RSHS Bandung Dida Gurnida menyatakan, telah memeriksa kondisi kesehatan Aria sebelum menjalani operasi. Dari hasil pemeriksaan tersebut sejauh ini kondisi Aria dalam keadaan baik.

"Rencananya besok akan operasi. Sekarang (kondisinya) alhamdulillah tidak ada masalah," katanya di RSHS, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Selasa (23/7/2019).

Sementara itu, tim dokter dari bagian bedah plastik Hardisiswo menjelaskan, pelaksanaan operasi akan dilakukan secara berharap. Tahap pertama akan dilakukan operasi untuk menghilangkan kulit bergelambir di bagian lengan.

Dia memperkirakan pada operasi tahap pertama ini akan memakan waktu selama dua sampai tiga jam. Sebanyak tujuh dokter bedah akan terlibat dalam pelaksanaan operasi besok. Tiga orang dokter akan melakukan penanganan di bagian tangan kanan, tiga bagian kiri dan satu orang dokter pengawas.

"Jadi Proses operasinya dipastikan akan dilakukan secara hati-hati. Besok itu dibagi dua tim (bedah plastik) untuk menangani bagian tangan kiri dan kanan supaya cepat. Segala resiko sudah kami antisipasi dan pemeriksaan dokter anak sudah sangat baik," ucapnya.


Setelah itu, tiga sampai enam bulan ke depan akan dilakukan operasi lanjutan pada bagian dada. Tahap ketiga operasi kembali dilanjutkan untuk menghilangkan kulit berlebih yang berada di bagian perut dan terakhir di bagian paha dan pinggang.

"Antara operasi satu (tahap pertama) dan selanjutnya itu butuh waktu 3-6 bulan setelah penyembuhan," ucapnya.

Dia menambahkan, operasi bedah plastik ini penting dilakukan. Pasalnya, kata dia, kulit bergelambir di tubuh Aria dikhawatirkan mengganggu fungsi dari bagian tubuhnya.

"Secara estetika sangat membuat dia minder. Jadi banyak sekali yang harus dilakukan sisa kulit yang menggelambir," ujarnya.


Di lokasi yang sama Direktur Utama RSHS Bandung Nina Susana Dewi menuturkan, untuk biaya operasi bedah plastik seluruhnya dicover BPJS. Sementara untuk perkiraan biaya untuk satu kali tahap operasi mencapai Rp 40-Rp50 juta.

"Aria pasien BPJS, kami cover seluruhnya," ujarnya.



Simak Juga 'Obesitas Banyak Risikonya, Apa Saja?':

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com