detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 15:06 WIB

Kuota Lulusan SMK Jabar Magang Jadi Nelayan di Jepang Ditambah

Mukhlis Dinillah - detikNews
Kuota Lulusan SMK Jabar Magang Jadi Nelayan di Jepang Ditambah Nelayan asal Jabar diminati oleh pemerintah Jepang. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Bandung - Pemprov Jabar menambah tiga kali lipat kuota lulusan SMK yang mengikuti program magang menjadi nelayan di Ishinomaki, Jepang. Total ada 300 orang yang akan magang jadi nelayan tahun ini.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Jabar Jafar Ismail mengatakan sejauh ini sudah ada 22 angkatan lulusan SMK yang magang menjadi nelayan di Jepang. Mengingat, kerja sama terjalin sejak 2007 silam.

"Lama magangnya kan selama 3 tahun, kemudian sekarang ada aturan baru yang makin mempermudah lulusan SMK kita untuk bekerja di sana," kata Jafar via telepon genggam, Selasa (23/7/2019).


Ia menuturkan pihak Ishinomaki meminta Pemprov Jabar untuk meningkatkan jumlah nelayan yang akan magang sebanyak tiga kali lipat. Jumlah itu berdasarkan kebutuhan yang diajukan oleh pihak Jepang.

"Karena mereka akan membuka lapangan kerja atau menambah kebutuhan nelayan kita yang ada di sana menjadi tiga kali lipat. Kalau sekarang sudah ada 100 orang nanti akan ditambah menjadi 300 orang," katanya.

Menurutnya permintaan peningkatan jumlah lulusan SMK asal Jabar untuk mengikuti program tersebut bukan tanpa alasan. Mengingat, nelayan dari Jabar dikenal pekerja keras dan penurut.



Selain itu, kata dia, pemuda di Ishinomaki lebih tertarik berprofesi di luar nelayan. Padahal, secara turun temurun wilayah tersebut mayoritas penduduknya menggantungkan hidupnya dari melaut.

"Di sana juga sempat terjadi gempa tsunami pada tahun 2011. Setelah itu tidak ada nelayan yang mau ke laut lagi apalagi anak mudanya," ucapnya.

Kehadiran sumber daya manusia (SDM) asal Jabar otomatis industri perikanan di Ishinomaki hidup kembali. Wajar saja setiap lulusan SMK yang magang akan digaji cukup besar Rp 14-15 juta per bulan.

"Industri pengolahan perikanannya berjalan lagi. Makanya mereka itu sangat berterima kasih kepada nelayan nelayan Jabar," kata Jafar.
(mud/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com