detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 13:58 WIB

Petugas Gunakan Drum Isi Air untuk Evakuasi Bangkai Cessna

Sudirman Wamad - detikNews
Petugas Gunakan Drum Isi Air untuk Evakuasi Bangkai Cessna Proses evakuasi bangkai pesawat Cessna. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Indramayu - Petugas tengah mengevakuasi bangkai pesawat latih jenis Cessna yang jatuh di Sungai Rambatan Cimanuk, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Petugas menerjunkan tim penyelam untuk membantu proses evakuasi bangkai pesawat bernomor registrasi PK-WUG Cessna 172 itu.

Koordinator Tim Penyelam Ditpolairud Polda Jabar Bripka Ahmad Musoleh sudah membuat sketsa awal untuk mengangkat bangkai pesawat itu. Rencananya, petugas menggunakan beberapa drum plastik berkapasitas 200 liter.

"Kita sudah letakkan lima drum berisi air di badan pesawat, rencana nanti ada beberapa drum tambahan. Nanti drum itu akan kita tembakan udara melalui kompresor," kata Ahmad saat berbincang dengan detikcom di lokasi kejadian, Selasa (23/7/2019).


Lima drum yang sudah ditempelkan di empat bagian pesawat, yakni dua drum diletakkan di sayap, kemudian dua drum di ekor pesawat, dan satu drum di depan pesawat.

"Nanti penyelam tembakan udara, air dalam drum akan keluar digantikan udara. Drum ini membantu pesawat muncul ke permukaan," tutur Ahmad.

Ia menjelaskan sebelum meletakkan lima drum di pesawat, pihaknya telah membuka pengunci bahan bakar pesawat. "Avturnya sudah kita keluarkan. Ini kita mulai setelah avtur sudah keluar semua," ujar Ahmad.

Selain itu, petugas juga menerjunkan alat berat untuk memperlancar proses evakuasi.


Pesawat latih Cessna milik anak perusahaan Lion Air jatuh di Sungai Rambatan Cimanuk, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (22/7). Pesawat tersebut diawaki dua siswa penerbangan yakni Arthur Arfa dan Muhammad Salman Alfarisi.

Arthur selamat dalam kejadian nahas itu. Sedangkan Salman meninggal.


Duka Keluarga Salman di Pasuruan, Korban Jatuhnya Pesawat Cessna:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Cessna Jatuh di Indramayu, Calon Pilot Salman Ditemukan Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com