detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 13:49 WIB

Polda Jabar Tangkap Pria Pengedar Ganja 83 Kg 'Berselimut' Gula Aren

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Polda Jabar Tangkap Pria Pengedar Ganja 83 Kg Berselimut Gula Aren Polda Jabar ungkap peredaran ganja 83 kg dengan modus diselimuti gula aren. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Polisi membongkar praktik peredaran narkotika jenis ganja asal Aceh. Pelaku membawa ganja tersebut dengan cara dibalut gula aren.

Kasus itu terungkap saat personel Direktorat Reserse Narkoba Polda Jabar yang dipimpin Kombes Enggar Pareanom menangkap seorang pria berinisial VA pada Kamis (11/7) lalu. Dia ditangkap di pinggir jalan kawasan Cicalengka saat membawa ganja asal Aceh menggunakan mobil pribadi.

"Kita temukan yang bersangkutan membawa 83 kilogram ganja yang merupakan jaringan Aceh-Sumatera. Rencananya akan dibawa ke Cicalengka ke sebuah rumah yang dijadikan gudang untuk menaruh barangnya sementara," ucap Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (23/7/2019).


Truno mengatakan saat digeledah, VA mengelabui petugas. Puluhan kilogram ganja tersebut disimpan di dalam 4 kardus berukuran cukup besar.

Selain itu, guna menyembunyikan ganja tersebut, VA memasukkan gula aren merah ke setiap dusnya. Total ada 10 kilogram gula merah yang dimasukkan ke dalam 4 dus tersebut.

"Tujuannya memasukkan gula aren ini supaya menutupi baunya. Karena kan daun ganja ini baru, jadi pakai gula aren," tuturnya.

Polda Jabar Tangkap Pria Pembawa Ganja 83 Kg 'Berselimut' Gula ArenFoto: Dony Indra Ramadhan
Truno mengatakan ganja dari Aceh tersebut memang bertujuan untuk diedarkan di Jawa Barat. Sebelum beredar, ganja disimpan terlebih dahulu di Cicalengka.

"Memang asalnya dari Aceh tujuannya ke Jawa Barat. Ini masih dikembangkan terus untuk menangkap pelaku lainnya," kata Truno.
(dir/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com