detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 13:40 WIB

Tim SAR Sempat Bikin Arus Sebelum Jasad Salman Mengambang

Sudirman Wamad - detikNews
Tim SAR Sempat Bikin Arus Sebelum Jasad Salman Mengambang Proses pencarian satu awak pesawat Cessna di Indramayu. (Foto: Dedhez Anggara/Antara Foto)
Indramayu - Tim SAR gabungan sudah menemukan jasad Muhammad Salman Alfarisi, siswa AAA Pilot School Cirebon, yang menjadi korban insiden jatuhnya pesawat latih jenis Cessna di Sungai Rambatan Cimanuk, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Jasad Salman ditemukan sekitar 50 meter dari lokasi posisi pesawat jatuh.


Tim SAR gabungan bersama penyelam sengaja membuat jasad Salman mengambang dengan membuat putaran arus besar di sekitar bangkai pesawat.

"Tadi pagi kita sapu dulu di sekitar lokasi kejadian. Kita membuat arus, termasuk perahu karet yang memutar-mutar di lokasi pesawat jatuh," kata Koordinator Tim Penyelam Ditpolairud Polda Jabar Bripka Ahmad Musoleh saat berbincang dengan detikcom di tempat kejadian, Selasa (23/7/2019).

Ahmad menuturkan tak lama setelah tim SAR gabungan menyapu gelombang dengan membuat arua besar di sekitar pesawat, jasad Salman muncul ke permukaan.

"Kami tadi sapu dari bawah. Korban ditemukan sekitar 50 meter dari lokasi pesawat jatuh," ucapnya.


Ia menyebut tim SAR sempat terkendala saat proses pencarian korban. Menurut Ahmad kondisi visibilitas di sungai tersebut minim.

"Jarak pandangnya cuma lima sentimeter. Kemudian airnya juga bercampur dengan bahan bakar pesawat, paling itu saja tadi kendalanya," tutur Ahmad.

Saat proses pencarian Salman pagi tadi, Ahmad dan timnya menerjunkan enam anggota penyelam. Selain itu, ikut bergabung dua penyelam dari Brimob dan masyarakat setempat.


Duka Keluarga Salman di Pasuruan, Korban Jatuhnya Pesawat Cessna:

[Gambas:Video 20detik]




(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com