detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 13:24 WIB

Cerita Warga Tutupi Jasad Amelia Pakai Daun Pisang

Syahdan Alamsyah - detikNews
Cerita Warga Tutupi Jasad Amelia Pakai Daun Pisang Amelia Ulfah Supiandi (Foto: repro Facebook akun Amelia/detikcom)
Sukabumi - Jasad Amelia Ulfah Supiandi (22) tergeletak dengan kondisi setengah bugil di tepi area sawah milik warga, Kampung Seula Erih, Kecamatan Cibereum, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Senin (22/7) pagi kemarin.

Warga setempat mendatangi lokasi untuk melihat langsung kondisi mayat wanita muda warga Kabupaten Cianjur tersebut. Foto-foto korban dengan rok tersingkap bertebaran di media sosial.

"Jalanan kemarin sempat macet sampai beberapa ratus meter, mobil dan motor parkir di sekitar lokasi," kata Obit Sasmita (66), warga yang tinggal di sekitar lokasi kejadian, saat berbincang dengan detikcom, Selasa (23/7/2019).


Area sawah tempat ditemukannya jasad Amelia ini berada dekat dengan pemukiman warga dan perusahaan ayam. Sekitar 250 meter dari tempat itu, berdiri gedung baru Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB).

Menurut penuturan warga, gedung bercat hijau itu belum diresmikan. Rencananya pada Agustus ini beroperasi.

Kulitnya putih, kayak patung. Jadi awalnya saya pikir bukan jasad orang.Ade Supriatna

Jasad Amelia pertama kali diketahui seorang petani, Aceng Rohmana (52). Aceng ketakutan saat menemukan mayat wanita tersebut.

"Badannya (Aceng) gemetaran. Saya sampai nanya berkali-kali. Dia bilang mau lapor ke pak RT, katanya ada mayat di tepi sawah," kata Ade Supriatna (50), warga lainnya, yang tinggal tidak jauh dari lokasi kejadian.



Cerita Warga yang Inisiatif Tutupi Jasad Amelia di Tepi SawahWarga menunjukkan lokasi ditemukannya jasad Amelia Ulfah Supiandi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Mendengar kabar itu, Ade yang penasaran, berlari menuju lokasi. Saat itu Ade sempat mengira tubuh kaku itu patung.

"Kulitnya putih, kayak patung. Jadi awalnya saya pikir bukan jasad orang. Posisi kepalanya menelungkup menutup persimpangan irigasi," tutur Ade.


Ade berinisiatif untuk mengambil daun pisang dan menutupi tubuh bagian bawah Amelia. Menurutnya, bagian kaki Amelia masih terpasang kaus kaki yang posisinya melorot.

"Saya lihat jilbab, kemudian kaus kaki. Saya yakin dia (Amelia) orang baik-baik. Saya ambil daun pisang untuk nutupin tubuhnya karena warga terus datang penasaran ingin melihat," ujar Ade.
(sya/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com