detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 11:20 WIB

Pertamina Bersihkan Tumpahan Minyak di Pesisir Pantai Karawang

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Pertamina Bersihkan Tumpahan Minyak di Pesisir Pantai Karawang Petugas bersama warga dan nelayan membersihkan tumpahan minyak mentah di pesisir pantai Kabupaten Karawang. (Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom)
Karawang - Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) sedang mengumpulkan ceceran minyak mentah di sejumlah pantai Kabupaten Karawang. Setelah terkumpul, akan dimusnahkan di perusahaan pengolahan limbah di Bogor.


"Minyak akan kita musnahkan di PPLI Bogor. Volumenya belum diketahui pasti, masih kami hitung," kata Ifki Sukarya, Vice President Relation PHE ONWJ saat dihubungi detikcom via telepon, Selasa (23/7/2019).


Untuk membersihkan pantai dari minyak mentah, Pertamina memberdayakan tenaga masyarakat binaan termasuk sejumlah nelayan. Secara manual, mereka memasukkan minyak ke dalam karung yang sudah dicampur dengan pasir pantai. "Kita berupaya terus membersihkan pantai secara maksimal," kata Ifki.

Pertamina Bersihkan Tumpahan Minyak di Pesisir Pantai KarawangFoto: Luthfiana Awaluddin
Ifki menuturkan, pihaknya siaga setiap hari di sejumlah pesisir pantai. Sebab, ia belum bisa memastikan sampai kapan tumpahan minyak kembali terbawa arus ke pantai. "Seperti di Sedari, Minggu kena sampai sekarang dibersihkan terus, karena besoknya (minyak) datang lagi," tutur Ifki.

Pembersihan juga dilakukan di Pantai Pisangan dan Tambaksari. Bahkan area pembersihan diperluas hingga ke Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. "Tim saya juga sudah survey dan bersih-bersih juga di Bekasi," tuturnya.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com