detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 08:44 WIB

Round-Up

Jatuh Bersama Cessna, Calon Pilot Salman Hilang Terseret Arus Sungai

Sudirman Wamad - detikNews
Jatuh Bersama Cessna, Calon Pilot Salman Hilang Terseret Arus Sungai Tim SAR gabungan mencari satu awak Cessna di Sungai Rambatan Cimanuk, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. (Foto: Dedhez Anggara/Antara Foto)
Indramayu - Pesawat latih Cessna milik anak perusahaan Lion Air jatuh di Sungai Rambatan Cimanuk, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Pesawat latih yang teregistrasi PK-WUG jenis Cessna 172 itu diawaki dua siswa dari AAA Pilot School Cirebon yakni Muhammad Salman Alfarisi dan Arthur Arfa.

Arthur selamat dalam kejadian nahas itu. Kedua siswa sekolah penerbangan tersebut mencoba menyelamatkan diri saat posisi pesawat sudah terjatuh ke sungai. Arthur diselamatkan salah seorang warga yang berada di lokasi kejadian.

Namun Salman tak sempat tertolong. Calon pilot tersebut hilang terseret arus sungai. Insiden kecelakaan pesawat itu terjadi Senin (22/7/2019), sekitar pukul 14.50 WIB.

Sebelum jatuh ke sungai dan tenggelam, pesawat yang diawaki dua siswa sekolah penerbangan itu sempat oleng dan menabrak kabel listrik yang berada di sekitar lokasi kejadian.

"Saksi atas nama Carinih ketika sedang berada di sawah mendengar suara keras dan melihat pesawat oleng, lalu menabrak kabel listrik dan terjatuh ke sungai," kata Yoris, Senin (22/7).

Tim SAR gabungan langsung bergerak menyisir serta libatkan penyelaman dari proses pencarian satu awak pesawat yang hilang terseret arus. Bangkai pesawat pun tengah dievakuasi.

Sementara itu, Tim SAR gabungan membentuk pola tiga lapis dalam proses pencarian Salman. "Ring pertama itu jaraknya satu kilometer, kemudian ring kedua 2 sampai 4 kilometer dan ring tiga sekitar 5-6 kilometer," Kata Juru Bicara Basarnas Jawa Barat Joshua Banjarnahor.

Ia menuturkan pencarian dilakukan dengan dua metode yakni penyelaman dan penyisiran di bantaran sungai lokasi jatuhnya pesawat. Tim gabungan dari TNI, Polri dan BPBD Indramayu dikerahkan.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memantau insiden pesawat latih Cessna yang jatuh di Sungai Indramayu, Jawa Barat. KNKT disebutkan akan ikut melakukan investigasi.

"Kami telah mendapatkan laporan. Saat ini kami sedang melakukan koordinasi terkait insiden tersebut dan KNKT akan segera melakukan investigasi terhadap insiden kecelakaan ini," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti dalam keterangannya, Senin (22/7/2019).


Tim SAR Cari 1 Awak Cessna yang Hilang Terseret Arus:

[Gambas:Video 20detik]




(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com