detikNews
Senin 22 Juli 2019, 15:22 WIB

6 Hari Lawatan ke Inggris-Swedia, RK Resmikan Sudut Sunda di London

Erna Mardiana - detikNews
6 Hari Lawatan ke Inggris-Swedia, RK Resmikan Sudut Sunda di London Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan sudut Sunda di South Hill Park, Bracknell, London. (Foto: Erna Mardiana/detikcom)
London - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) melakukan lawatan ke Inggris dan Swedia selama enam hari mulai 21-26 Juli 2019. Mengawali kunjungannya, Minggu (21/7/2019) petang, RK meresmikan sudut Sunda di South Hill Park, Bracknell, London.

Sejumlah alat musik berupa satu set degung, satu set angklung, satu set tarawangsa dan sejumlah pakaian Sunda juga diserahkan. RK juga sempat memotong tumpeng dan diserahkan pada Wali Kota Bracknell Town serta CEO South Hill Park Arts Center Craig Tiley.

RK sempat mengenalkan angklung dan juga tokoh wayang golek di antaranya Cepot. "Satu alat angklung itu menghasilkan satu not, diarahkan oleh konduktor dan akan menjadi sebuah irama lagu, seperti bohemian rhapsody," ujar RK.

Sementara itu, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Indonesia di London A Aminudin Aziz mengatakan keberadaan Sudut Sunda di Bracknell untuk memperkaya perkembangan Seni Budaya Indonesia di Inggris, yang biasanya hanya dikaitkan dengan seni budaya Jawa di antaranya Yogya, Solo dan juga Bali.

"Padahal masyarakat Sunda adalah penduduk terbesar kedua di Indonesia," kata Aminudin.

6 Hari Lawatan ke Inggris-Swedia, RK Resmikan Sudut Sunda di LondonGubernur Jabar Ridwan Kamil saat di London. (Foto: Erna Mardiana/detikcom)
Di sisi lain, sudah ada embrio seni budaya Sunda di Inggris yang digiatkan oleh seniman Sunda Simon Cook, alumni Darmasiswa tahun 1989 di ASTI (kini dikenal STSI). Hal itu juga yang menjadi alasan Bracknell ditunjuk sebagai pusat pengembangan budaya Sunda di Inggris, karena Simon Cook merupakan warga setempat.

Sementara itu Simon Cook mengaku siap mengembangkan budaya Sunda di Inggris. "Bracknell punya pusat kebudayaan yang cukup representatif untuk pengembangan seni budaya baru," ucap Simon Cook.

CEO South Hill Park Arts Center Craig Tiley menyatakan akan menjadikan gamelan degung sebagai program baru yang tetap.

South Hill Park Arts Center adalah pusat kebudayaan yang terletak di London, yang kerap menampilkan pertunjukan komedi terkemuka di dunia, pertunjukan balet nasional, drama internal hingga acara kesenian tahunan lainnya.

Pada acara ini hadir juga Atalia Praratya sebagai Ketua Dekranasda Jabar, Wali Kota Bogor Bima Arya, Asda II Jabar dan Disparbud Jabar Dedi Taufikurahman.

Rencananya selama kunjungannya ke Inggris dan Swedia ada 26 pertemuan dengan berbagai institusi. Hari kedua, Senin (22/7/2019), akan ada 13 pertemuan di antaranya bertemu dengan perusahaan plastic energy di mana nilai investasinya mencapai Rp 3 triliun.

RK juga didapuk menjadi pembicara dalam peacefull dialogue di Manchester yang akan dihadiri oleh berbagai komunitas setempat. Di Swedia, RK akan menghadiri Festival Indonesia, event tahunan KBRI di Stockholm.
(ern/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com