detikNews
Senin 22 Juli 2019, 12:12 WIB

4 Bulan Ambrol, Tebing Sedalam 30 Meter di Kertasari Belum Diperbaiki

Wisma Putra - detikNews
4 Bulan Ambrol, Tebing Sedalam 30 Meter di Kertasari Belum Diperbaiki Tebing ambrol sedalam 30 meter membahayakan pengendara di Kertasari, Kabupaten Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung - Tebing yang berada di Jalan Raya Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, ambrol ke jurang sedalam 30 meter. Sudah hampir empat bulan, tebing tersebut dibiarkan tanpa perbaikan.

Pantauan detikcom Senin (22/7/2019), tebing ambrol itu tepat berada di depan Mapolsek Kertasari. Bahu jalan di tebing tersebut terus terkikis. Rawan terjadi kecelakaan dan pergeseran tanah di jalan tersebut.


Kapolsek Kertasari Ipda Joni Agustina mengatakan, tebing tersebut sudah ambrol sejak empat bulan lalu. "Ini sudah terjadi sekitar empat bulan lalu. Longsorannya sedalam sekitar 30 meter. Pemerintah sudah ada yang meninjau, tapi sampai saat ini belum ada realisasi pemerintah," kata Joni di Mapolsek Kertasari.

Menurutnya tebing tersebut sudah menelan korban. Seorang pengendara sepeda motor masuk ke dalam jurang. "Betul, pada Bulan Mei, pas bulan puasa ada pengendara motor anak SMA warga Cihawuk masuk ke dalam jurang yang longsor. Tapi alhamdulillah tidak ada korban jiwa," katanya.


Pihaknya mengharapkan kepada pemerintah agar segera menindaklanjuti atau memperbaiki tebing longsor yang mengikis bahu jalan tersebut.

"Kami atas nama masyarakat Kertasari sangat mengharapkan perbaikan, karena jalan ini merupakan jalan utama daripada jalan protokol yang ada di Kertasari," ucapnya.

4 Bulan Ambrol, Tebing Sedalam 30 Meter di Kertasari Belum DiperbaikiFoto: Wisma Putra
Joni juga mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati. Sebagai langkah antisipasi, pihaknya juga melakukan buka tutup jalan pada jam rawan dan sibuk.

"Kepada masyarakat kami imbau agar lebih berhati-hati, karena kecuramannya jurang cukup dalam sekitar 30 meter. Supaya berhati-hati mengendarai kendaraan, baik roda dua atau roda empat," ujar Joni.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com