detikNews
Sabtu 20 Juli 2019, 11:59 WIB

Polisi Tangkap Warga Pemilik Taman Berisi 32 Pot Ganja di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Polisi Tangkap Warga Pemilik Taman Berisi 32 Pot Ganja di Bandung Sebanyak 32 pot tanaman ganja ditemukan di rumah tersangka Jalan Rancasawo, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Polisi membongkar aksi warga yang nekat membuat kebun ganja di halaman belakang rumah. Dua pria ditangkap atas perbuatannya tersebut.

Terdapat 32 buah pot dan dua petak lahan berisi tanaman ganja yang baru berumur 2 minggu. Pot seadanya itu disimpan RT (33) di bagian belakang rumahnya di sebuah gang sempit Jalan Rancasawo, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung.


Semua pot tersebut disimpan tersembunyi di bangunan yang tampak belum selesai. Di ruangan kecil seukuran 60x40 sentimeter itu, RT menyimpan puluhan pot ganja. Bangunan itu tak memiliki atap dan temboknya masih bata. Tak mudah untuk masuk ke ruangan kecil itu. Akses pintu masuk ditutup seng. Hanya ada satu cara melalui sela jendela yang amat kecil.

Taman ganja mini itu terungkap oleh personel Satnarkoba Polrestabes Bandung yang dipimpin langsung Kasatnarkoba AKBP Irfan Nurmansyah pada Jumat (19/7/2019) malam kemarin. Taman ganja itu terungkap dari hasil pengembangan usai petugas menangkap YG (35) terlebih dahulu di kawasan Cipagalo.

Polisi Tangkap Warga Pemilik Taman Ditanami 32 Pot Ganja di BandungFoto: Dony Indra Ramadhan
Dari penangkapan YG, polisi menemukan 38 bungkus sabu-sabu, 4 plastik bibit ganja, satu paket ganja ukuran besar seberat 1 kilogram dan 3 pot berisi 10 batang pohon ganja.

"Hasil pengembangan dari YG, kemudian didapat tersangka lainnya yaitu RT. Kita cek ke TKP ditemukan 32 pot berisi tanaman ganja," ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema di tempat kejadian, Sabtu (20/7/2019).


Berdasarkan keterangan pelaku, kata Irman, taman ganja ini merupakan eksperimen bonsai yang dilakukan oleh RT. Namun, eksperimen RT gagal usai polisi membongkar aksinya.

"Berdasarkan keterangan awalnya ini untuk dikonsumsi sendiri. Tapi melihat jumlahnya yang banyak ini, ada kemungkinan diperjual belikan. Tersangka mendapatkan bibit ini dari tersangka YG," kata Irman.

Polisi tak akan berhenti sampai di sini. Pengembangan akan terus dilakukan penyidik Satnarkoba Polrestabes Bandung untuk mencari tahu kemungkinan ada taman ganja di wilayah lain.

"Satnarkoba Polrestabes Bandung sedang melakukan pengembangan dari keterangan saksi maupun pelaku," tuturnya.

Polisi Tangkap Warga Pemilik Taman Ditanami 32 Pot Ganja di BandungFoto: Dony Indra Ramadhan
Dalam kesempatan ini, Irman mengapresiasi langkah anak buahnya. Pihaknya pun akan memberikan reward atas pengungkapan ini.

"Reward pasti ada karena pengungkapan ini. Reward juga untuk memotivasi anggota," ujar Irman.

Polisi menjerat keduanya dengan Pasal 114 ayat (2) jo 112 ayat (2) jo 111 ayat (2) UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukuman 20 tahun penjara maksimal hukuman mati.



Tonton juga video Pemilik Ladang Ganja Seluas 5 Hektar di Aceh Ditangkap!:

[Gambas:Video 20detik]


(dir/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com