detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 15:01 WIB

Pemprov Jabar Siapkan 53 Ribu Ponsel Pintar untuk Pengurus RW

Mukhlis Dinillah - detikNews
Pemprov Jabar Siapkan 53 Ribu Ponsel Pintar untuk Pengurus RW Ilustrasi ponsel pintar (Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images)
Bandung - Pemprov Jabar mulai mendistribusikan bantuan anggaran untuk pengadaan smartphone atau ponsel pintar bagi seluruh pengurus Rukun Warga (RW). Program pengadaan gawai yang diberi nama 'Sapa Warga' ini bertujuan mendukung desa digital.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jabar Dedi Sopandi mengatakan penyediaan gawai dilakukan melalui dana bantuan. Nantinya, pengadaannya dilakukan masing-masing seusai dengan spesifikasi yang ditentukan.


Ia menuturkan pencairan bantuan sebesar Rp 127 juta per desa dilakukan secara bertahap. Dana bantuan keuangan desa itu diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur, pembinaan aparatur desa hingga pengadaan gawai setiap RW.

"Besaran bantuan tiap desa itu Rp 127 juta per desa. Terdiri dari ada infrastrukturnya, ada pembinaan aparatur kurang lebih di Rp 15 juta dan sisanya untuk 'Sapa Warga' (bantuan berupa gawai). Nah kalau pencairan itu yang bertahap dihitung dari kemarin," kata Dedi via telepon, Jumat (19/7/2019).

Menurut Dedi, pihaknya menyiapkan sekitar 53 ribu ponsel pintar untuk pengurus RW dari total 5.312 desa di Jabar. Namun, sejauh ini baru sekitar 10.397 gadget yang sudah dibeli perangkat desa dari dana bantuan Pemprov Jabar.

"Speknya disesuaikan, tapi kira kira begini ada sekian gigabyte (RAM), terus lebar layarnya antara 5-7 (inci), tipenya Android. Nah, ketika handphone itu sudah tersampaikan ke RW maka inilah yang bagian dari konsep desa digital," tutur Dedi.


Ia menjelaskan setiap ponsel pintar yang dipegang pengurus RW akan disematkan aplikasi 'Sapa Warga'. Nantinya dalam aplikasi tersebut, kata Dedi, berfungsi sebagai layanan publik, informasi dan pengaduan.

"Yang sebagai layanan publik, di dalamnya nanti akan berisi konten tentang perizinan. Ada juga konten tentang e-Samsat, ada juga tentang berita info lelang dan sebagainya. Yang isi konten di 'Sapa Warga' itu berada dalam ranah Diskominfo," ujarnya.

Ia mengatakan program 'Sapa Warga' ini akan diluncurkan secara resmi bulan depan. Sebelum itu, Diskominfo Jabar akan terlebih dahulu memberikan pembekalan mengenai penggunaan aplikasi 'Sapa Warga' agar bisa dimanfaatkan secara maksimal.

"Gubernur nanti launching ya (bulan depan). Nanti akan ada pembekalan juga dari Diskominfo kepada RW-RW, kan begitu. Nah isi konten dan sosialisasi, termasuk rencana pembekalan itu, ada di Diskominfo," ucap Dedi.

Simak Video "Ahmad Heryawan: Saya Yakin Bandara Ini Paling Nyaman Untuk Jemaah Haji"
[Gambas:Video 20detik]

(mud/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com