detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 20:45 WIB

Mahfud Md: Jalur Gugatan Benny Soal Sekda Bandung Sudah Benar

Yudha Maulana - detikNews
Mahfud Md: Jalur Gugatan Benny Soal Sekda Bandung Sudah Benar Pertemuan Benny Bachtiar dan Mahfud Md. (Foto: Tangkapan layar)
Cimahi - Benny Bachtiar mengungkap alasannya menemui Mahfud Md untuk konsultasi langkah hukumnya yang menggugat Wali Kota Bandung Oded M Danial terkait pelantikan Sekda Kota Bandung. Pertemuan itu dilakukan di Kantor Mahfud M yang terletak di Jakarta pada Rabu (17/7/2019) sore.

Menurut pria yang kini duduk sebagai Staf Ahli Ekonomi dan Pembangunan Kota Cimahi itu, Mahfud merupakan pakar hukum tata negara yang tak diragukan lagi kapabilitasnya.

"Beliau juga saya minta untuk jadi saksi ahli, tapi beliau mengatakan tidak bisa. Namun beliau merekomendasikan beberapa profesor kepada saya," ujar Benny saat dihubungi detikcom, Kamis (18/7/2019).


Dalam pertemuan berdurasi sekitar 40 menit itu, Mahfud mengatakan jika langkah hukum yang telah ditempuh Benny masih dalam jalurnya. "Selama SK Kemendagri itu belum dicabut, Anda yang tetap menjadi Sekda," ujar Benny menirukan ucapan Mahfud.

Dihubungi terpisah, Mahfud Md membenarkan pertemuan tersebut. "Dia menceritakan kasusnya dan saya bilang bahwa dia punya hak untuk diangkat sebagai Sekda dan punya hak untuk menuntut wali kota jika memang diperlakukan seperti yang dijelaskannya kepada saya," ujar Mahfud pada detikcom.

Mahfud pun mengatakan, jika langkah hukum yang diambil oleh Benny sudah benar. "Jalan yang ditempuhnya sudah benar yakni melapor ke KASN, melapor ke Ombudsman dan menuntut ke PTUN," katanya.


Sebelumnya, Benny telah melayangkan gugatan ke PTUN terkait dilantiknya Ema oleh Oded. Menurutnya pelantikan itu cacat administrasi karena tak mengantongi rekomendasi dari gubernur.

Ia pun menggugat Oded yang tak melantiknya, padahal proses seleksi dan administrasi telah ditempuh berikut surat rekomendasi pelantikan dari Kementerian Dalam Negeri RI.

Simak Video "Mahfud Md: Papua Bagian dari RI, Jangan Ada Provokasi untuk Pisah"
[Gambas:Video 20detik]

(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed