detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 14:37 WIB

Penjelasan BMKG soal Embun Es Selimuti Kebun Teh di Bandung

Wisma Putra - detikNews
Penjelasan BMKG soal Embun Es Selimuti Kebun Teh di Bandung Embun es di kebun teh kawasan Kertasari, Kabupaten Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Perkebunan Teh Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, diselimuti embun es. Kondisi itu terjadi sejak peralihan musim hujan ke musim kemarau.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kelas I Bandung Tony Agus Wijaya mengungkapkan fenomena embun es dapat terjadi di area pegunungan. "Semakin tinggi suatu tempat. Semakin dingin suhunya," kata Tony via pesan singkat, Kamis (18/7/2019).


Suhu dingin juga melanda kawasan Lembang, Bandung Barat. Bukan hanya dirasakan di pegunungan, wilayah dataran rendah pun bisa merasakan.

"Pengamatan BMKG di Lembang suhu minimum, pada Rabu, 17 Juli 2019 mencapai 13,2 derajat celsius. Sedangkan, di Sukajadi Kota Bandung, suhu minimum pada, Rabu, 17 Juli 2019 dini hari sekitar 15,4 derajat celsius," ujarnya.

Menurut dia, fenomena alam itu terjadi karena saat ini sudah masuk musim kemarau. "Penyebabnya karena saat ini musim kemarau. Puncak musim kemarau di Agustus. Cuaca cerah membuat sinar matahari yang menyinari permukaan bumi, sebagian besar terpantulkan ke angkasa. Sehingga radiasi panas matahari yang tersimpan di permukaan bumi saat dini hari, sangat sedikit," kata Tony.

"Dan karena angin yang bertiup dari tenggara, dari arah Australia, membawa udara yang kering dan dingin," ia menambahkan.


BMKG mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Bandung, agar menjaga diri dan kesehatan di musim kemarau bersuhu dingin. Selain itu, menyiapkan stok pangan yang cukup.

"Imbauan kami agar masyarakat lebih menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh di suhu udara dinihari yang lebih dingin dan menyesuaikan komoditas pertanian dengan musim kemarau," kata Tony.

Simak Video "Sudah Sepekan, Perkebunan Teh di Bandung Berembun Es "
[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com