detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 11:56 WIB

Sekolah Terbakar, Puluhan Murid SD di Karawang Belajar Berlesehan

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Sekolah Terbakar, Puluhan Murid SD di Karawang Belajar Berlesehan Para murid SD Cicinde Selatan 1 Karawang terpaksa belajar berlesehan di ruang lain lantaran kelas terbakar. (Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom)
Karawang - Setelah ruang kelas mereka hangus terbakar, 80 siswa SD Cicinde Selatan 1 Karawang terpaksa mengungsi. Mereka saat ini belajar di ruang kesenian dan ruang olahraga, tanpa meja, kursi dan papan tulis.

Peristiwa kebakaran itu berlangsung Rabu (17/7) kemarin. "Sementara ini, murid kami terpaksa belajar lesehan di lantai karena 40 kursi dan meja kami habis terbakar. Sayangnya, kami tak punya kursi dan bangku cadangan," kata Sudirya, Kepala Sekolah SDN Cicinde Selatan 1, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (18/7/2019).

Sudirya memutuskan tak meliburkan siswanya. Sebab, dia tak ingin murid-murid ketinggalan pelajaran. "Kebakaran ini anggap sebagai ujian, jangan dijadikan halangan," ucapnya.

Sekolah Terbakar, Puluhan Murid SD di Karawang Belajar Berlesehan Sejumlah siswa SD Cicinde Selatan 1 Karawang melihat puing-puing sisa kebakaran kelas. (Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom)
Bukan hanya murid yang mengungsi. Belasan guru di sekolah itu juga tak lagi punya ruangan sendiri sejak hari ini. Sebab, satu ruang guru juga habis terbakar. "Akhirnya para guru ditempatkan di ruang kepala sekolah mulai hari ini," ujar Sudirya.


Akibat kebakaran itu, ungkap dia, sejumlah dokumen penting juga hangus tak tersisa. Ratusan buku, buku induk, rapor, lemari, sejumlah alat elektronik dan perangkat internet ludes. "Kerugian kami prediksi mencapai Rp700 juta," kata Sudirya.

Sejumlah guru juga tampak terpukul dengan kebakaran itu. Hafid Munandar, guru kelas 6, tak langsung masuk kelas pagi ini. Ia mencari dokumen penting miliknya di ruangan guru yang sudah luluh lantak.

"Yang paling ngenes itu arsip guru dan rapor siswa. Baru saja mereka setor ke saya saat tahun ajaran baru dimulai ini," ucap Hafid.

Simak Video "Tewasnya PSK di Karawang, Berawal dari Protes Terlalu Lama Bercinta"
[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com