detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 11:16 WIB

Begini Aktivitas Setya Novanto saat Kembali ke Lapas Sukamiskin

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Begini Aktivitas Setya Novanto saat Kembali ke Lapas Sukamiskin Setya Novanto. (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Bandung - Terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto sudah 4 hari kembali ke Lapas Sukamiskin. Perilaku Novanto dinilai cukup baik sekembalinya usai 'dihukum' di Rutan Gunung Sindur, Bogor.

Sebelumnya selama satu bulan sejak 14 Juni 2019, Novanto dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur akibat ulahnya pelesiran ke toko bangunan mewah di Padalarang. Pada 14 Juli 2019, Novanto kembali ke Sukamiskin karena dinilai sudah menunjukkan perilaku yang baik sesuai assessment dari Badan Pemasyarakatan (Bapas Bogor).

"Selama beberapa hari ini di Sukamiskin, perilakunya cukup baik," ucap Kalapas Sukamiskin Tejo Harwanto kepada detikcom, Kamis (18/7/2019).


Tejo menuturkan berdasarkan laporan petugas dan warga binaan lain, Novanto pun kini sudah rajin beribadah. Novanto aktif di masjid dan salat berjemaah dengan yang lainnya.

"Yang bersangkutan juga sudah berinteraksi lagi dengan warga binaan lainnya di waktu-waktu tertentu," tutur Tejo.

Selain itu, sikap mantan Ketua DPR RI kepada petugas pun dinilai cukup baik. "Perilakunya cukup baik dengan sesama warga binaan dan petugas," ujar Tejo.


Sebelumnya Novanto kepergok pelesiran ke toko bangunan mewah bulan lalu. Dia dihukum Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat dipindahkan ke rutan super maximum security.

Novanto menunjukkan perubahan selama mendekam di Gunung Sindur sehingga Kemenkum HAM mengambil kebijakan memindahkan kembali Novanto ke Sukamiskin. Masalah kesehatan juga jadi faktor kembalinya Novanto ke Sukamiskin.

"Indikator assessment dari Bapas Bogor, pertama yang bersangkutan sudah berperilaku ke hal yang positif, lalu tingkatannya sudah medium kemudian mempertimbangkan faktor kesehatan dia. Itu tiga hal yang menjadi dasar untuk menempatkan dia kembali ke Sukamiskin," ucap Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkum HAM Jabar Abdul Aris saat dihubungi, Rabu (17/7/2019).

Simak Video "Jawaban Yasonna di Tengah Desakan Mundur"
[Gambas:Video 20detik]

(dir/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com