detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 19:57 WIB

GBLA Rusak Terbengkalai, Ridwan Kamil: Kasih ke Pemprov, Kita Urus

Mukhlis Dinillah - detikNews
GBLA Rusak Terbengkalai, Ridwan Kamil: Kasih ke Pemprov, Kita Urus Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Bandung - Pemprov Jabar bersedia mengambil alih Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Penawaran itu sebagai solusi kesulitan anggaran perawatan yang dimiliki Pemkot Badung selaku pengelola saat ini.

Demikian diungkapkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menanggapi munculnya foto-foto tidak terawatnya stadion yang berlokasi di kawasan Gedebage, Kota Bandung, tersebut. Kerusakan Stadion GBLA itu ramai dibahas di media sosial.

"Kalau gak sanggup (rawat), kasih saja ke Pemprov, dengan senang hati kita urus," kata Emil, sapaan Ridwan, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (17/7/2019).


Ia mengakui ketiadaan anggaran memang menjadi kendala utama dalam perawatan Stadion GBLA. Sehingga, Emil menawarkan solusi agar stadion kebanggaan warga Jabar itu tak terbengkalai.

"Jadi kalau terbengkalai pasti kurang anggaran dan anggarannya ada di sana (Pemkot Bandung), kecuali Pemkot (Bandung) mau menyerahkan aset ke provinsi," tuturnya.

Saat masih menjabat wali Kota Bandung, Emil sudah berniat menyerahkan pengelolaan Stadion GBLA ke Persib Bandung. Namun, proses itu belum terealisasi lantaran mengemban tugas baru sebagai gubernur Jabar.


Emil menilai sebaiknya Stadion GBLA tidak dikelola oleh pemerintah. Sebab, menurut dia, pemerintah bukanlah operator, melainkan pembuat kebijakan (regulator).

"Dari dulu jangan diurus sama pemerintah, pemerintah itu bukan operator, tapi regulator. Dulu waktu saya wali kota, saya persiapkan untuk diambil alih untuk Persib, tapi keburu jadi gubernur," ujar Emil.

Simak Video "Ridwan Kamil soal Wacana Pembentukan Bogor Raya: Bukan Urgensi"
[Gambas:Video 20detik]

(mud/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com