detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 19:53 WIB

Relawan Gerakan untuk Ridwan Kamil Bubarkan Diri

Mukhlis Dinillah - detikNews
Relawan Gerakan untuk Ridwan Kamil Bubarkan Diri Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Salah satu unsur relawan di Pilgub Jabar bernama Gerakan untuk Ridwan Kamil (Gurka) membubarkan diri. Pembubaran itu sebagai tanda penarikan dukungan terhadap Ridwan Kamil (RK).

Relawan Gurka mengklaim berada di 27 kabupaten dan kota. "Mulai hari ini relawan yang berada di bawah komando Gurka tidak lagi menjadi simpatisan Ridwan Kamil," ujar Mantan Ketua Dewan Penasihat GURKA Iwan Suhermawan pada saat preskon di di salah satu tempat kopi di Jalan Riau, Kota Bandung, Rabu (17/7/2019).

Iwan menyatakan pihaknya kesulitan menyampaikan aspirasi masyarakat secara langsung pada Ridwan Kamil. Sementara para relawan ditagih program-program pembangunan yang dijanjikan saat kampanye.

"Kami terakhir kali komunikasi 10 bulan lalu. Seperti ada benteng yang menghalangi. Ini berat buat relawan. Karena masyarakat terus menagih aspirasi," kata Iwan.

Ia menuturkan pihaknya memiliki tanggungjawab moral kepada warga yang pernah didatangi untuk memilih RK dan wakilnya Uu Ruzhanul Ulum. Sehingga, aspirasi masyarakat tidak lagi bisa disampaikan melalui Gurka.

"Berat untuk kami ada aspirasi tapi bingung menyampaikannya ke mana. Jadi kami bubar, artinya masyarakat yang kami pernah datangi, silahkan sampaikan langsung ke RK," tutur dia.

Setelah bubar, pihaknya AKAN tetap mengawal program-program yang digulirkan Pemprov Jabar ke depan. Tapi bukan lagi sebagai simpatisan melainkan laiknya masyarakat umum yang mengkritisi kebijakan pemerintah.

"Insya Allah kita jadi oposisi. Artinya kita akan mengkritisi kebijakan dan program-program pemerintah di Jabar. Tapi tentu kita harap janji-janji kampanyenya direalisasikan," tandas Iwan yang preskon dengan beberapa mantan pengurus lainnya.

Simak Video "Ridwan Kamil soal Wacana Pembentukan Bogor Raya: Bukan Urgensi"
[Gambas:Video 20detik]

(mud/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed